Rekomendasi

Melalui Bedah Cesar, 4 Bayi Kembar Lahir di Rumah Sakit Puri Bunda Denpasar

Jumat, 31 Agustus 2018 : 19.44
Melalui Bedah Cesar, 4 Bayi Kembar Lahir di Rumah Sakit Puri Bunda Denpasar (Foto: Kurniawan/ hariankota)
DENPASAR - Pasangan suami istri Putu Agra Ricna Sukarmawan (32) dan Luh Gede Irin Pradnyawati (29) dikaruniai bayi kembar empat (quadruplet) yang lahir di RSIA Puri Bunda. Rona bahagia terpancar dari wajah pasutri yang sudah menanti mendapatkan momongan selama 4 tahun.

"Dari awal menikah kami berdua bersama suami terus mencoba secara alami namun nyatanya tidak pernah berhasil," jelasnya saat konferensi pers di Ruang Paseban RS Puri Bunda, Jumat (31/8).

Pasalnya hasil pemeriksaan HSG, diketahui ada gangguan dalam organ reproduksi yang tidak memungkinkan dirinya hamil secara alami. Sampai akhirnya mereka memutuskan untuk mengikuti program bayi tabung.

"Kabar gembira, tepat pada awal tahun 2018 kemarin, tim dokter memastikan bahwa terdapat 4 kantong kehamilan dalam rahimnya. Awalnya 3 namun tiga bulan berikutnya nambah 1 lagi. Membelah jadi sempurna dan juga ada detak jantungnya," jelas Irin penuh haru.

Hingga akhirnya bayi kembar empat ini berjenis kelamin 1 laki-laki dan 3 perempuan terlahir dengan cara seksio sesaria (operasi sesar) pada 1 Agustus 2018. Keempat bayi terlahir dengan berat badan masing-masing 1.660 gram, 1.530 gram, 1.470 gram dan 1.200 gram.

Nama empat bayi mungil itu adalah anak pertama bernama Putu Agartha Delano Rinandra (Agartha). Anak kedua perempuan di beri nama Made Anaila Zeina Rinandra (Naila). Bayi ketiga juga berjenis perempuan bernama Komang Anaira Isyani Rinandra (Naira). Sedangkan si bungsu bernama Ketut Anaisya Kamila Rinandra (Naisya).

"Namanya memiliki makna anugerah tuhan putra putri yang cantik, kuat dan pemberani," ucapnya.

Ketua Tim Medis RS Puri Bunda yang menangani proses persalinan langka ini, Dr. Made Wiryana, SpAN (KIC), baru pertama kali ini RS Puri Bunda menangani kasus kelahiran bayi kembar empat (quadruplet) ini.

Dan ini melibatkan sebanyak 11 dokter spesialis yang berpengalaman dalam bidang kebidanan dan kandungan. "Sepanjang riset kita, penanganan kasus ini hingga bayi lahir hidup semua bisa jadi yang pertama di Bali," terangnya kepada media.

Reporter: Made Sugandha
Editor: Gunadi
Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners