Rekomendasi

Pamit Mendaki Puncak Elbrus, Dengan Satu Kaki Sabar Gorky Tarik Ban Mobil Sejauh 1,2 Kilometer

Kamis, 02 Agustus 2018 : 23.32
Published by Hariankota
SOLO - Seorang pendaki gunung kenamaan penyandang difabel tuna daksa (berkaki satu), Sabar Gorky (50), melakukan aksi berjalan kaki sejauh sekira 1,2 kilometer sambil menyeret tiga ban mobil yang diikat menggunakan tali pada pinggangnya.

Aksi yang digelar, Kamis (2/8/2018) siang tersebut, dilakukan sebagai ungkapan pamitan, khususnya kepada warga Solo dan masyarakat  Indonesia pada umumnya. Bahwa, untuk kali kedua, Sabar kembali akan mendaki puncak gunung Elbrus di Rusia.

Meski secara fisik memiliki kekurangan, namun bagi Sabar bukan sebuah hambatan untuk menunjukkan kesiapannya berangkat ke negeri yang terkenal dengan sebutan Beruang Merah tersebut.

Disaksikan masyarakat yang kebetulan berada di kawasan jalan Slamet Riyadi, Sabar tanpa menghiraukan teriknya panas matahari, mulai beraksi dari kawasan Ngarsopuro, Keprabon, Banjarsari, hingga finish di Balaikota Solo sekaligus menemui Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo untuk mohon do'a restu.

Dengan penuh semangat, langkah demi langkah, tiga ban mobil terseret mengikuti satu kaki Sabar dibantu tongkat penopang yang bertumpu pada kekuatan tangan sebagai penyeimbang untuk menggantikan peran kaki yang lainnya.

"Sengaja siang hari, biar sekaliyan latihan fisik," katanya kepada awak media

Kegilaan Sabar dalam dunia petualangan mendaki gunung merupakan obsesinya sejak sebelum dirinya kehilangan satu kaki akibat terlindas kereta api pada 1990 silam di Karawang, Jawa Barat.

Sedikitnya empat dari tujuh target gunung tertinggi di dunia sudah ditaklukkannya dengan kibaran Merah Putih di puncaknya.

Keempat gunung itu, Kilimanjaro Afrika, Aconcagua Argentina, Cartenz Pyramid Papua, dan Elbrus Rusia. Khusus Elbrus yang mempunyai ketinggian 5.642 MDPL,  pada Agustus 2011 silam, Sabar bersama tim berhasil mencapai puncak dengan melewati jalur Utara.

"Untuk kali ini, saya akan melakukan pendakian  melewati jalur selatan dimulai pada  15 Agustus mendatang. Targetnya tepat 17 Agustus mengibarkan bendera merah putih di puncaknya,"papar Sabar.

Persiapan fisik dan mental pun sudah dilakukan Sabar sejak setahun belakangan. Nantinya, Sabar akan berangkat ditemani 10 pendaki lain yang tergabung dalam tim 'Garuda Muda'.

Sementara, Walikota Solo dalam kesempatan menemui di ruang kerjanya berpesan kepada Sabar untuk berhati - hati dan kembali ke rumah dengan selamat.

"Pak Sabar ini juga membawa nama Indonesia. Jadi kegiatan positif yang dilakukan semoga bisa menjadi  penyemangat positif dan membawa inspirasi bagi yang lain," pungkas Walikota.



Kontributor: Sapto Nugroho 
Editor: Gunadi

Share this Article :

Video Presiden Jokowi Bersama Keluarga Masuk ke Dalam Ka'bah Saat Ibadah Umroh

Berita Terbaru

Read More

Our Partners