Rekomendasi

Permukaan Air di Benoa Sempat Naik 2 cm Saat Gempa Berkekuatan 7,0 SR Mengguncang Lombok

Minggu, 05 Agustus 2018 : 22.37
BENOA - Kenaikan air laut sempat terjadi di Benoa, Bali setelah gempa berkekuatan 7,0 SR mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatatvketinggian air mencapai 2 cm sempat terjadi saat gempa terjadi. Meskipun kurang dari setengah meter, tetap kami harus himbau potensi tsunami," kata Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati saat jumpa pers dikantornya, di Jalan Angkasa, Jakarta Pusat, Minggu (5/8/2018).

Dwikorita menjelaskan, kemungkinan ada tsunami susulan ke perairan Bali sangat kecil. Sebab, titik gempa terjadi di Lombok daerah utara. Sehingga, apabila ada pergerakan air laut kemungkinan akan mengarah ke daerah Sulawesi.

"Kalau ada pergerakan mungkin ke Pulau Sulawesi. Tapi kemungkinan sampai Sulawesi kecil. Kalau ke Pulau Jawa kecil. Di Benoa 2 cm sudah menurun," terangnya.

Sebelumnya, BMKG sempat memasang peringatan dini akan terjadinya tsunami. Namun, peringatan tsunami tersebut telah resmi dicabut.

"Tadi kami ada sensor yang dipasang di Pantai Bali, Lombok, sama Sumbawa, jadi itu sudah ada kenaikan, sampai maksimun udah turun kembali. Sudah lewat. Kejawa ada, tapi sangat kecil," pungkasnya.‎ 

Reporter: Jumali
Editor: Ferdinan
Bagikan :

Video: Detik-detik Ledakan di Parkir saat Debat Capres ke-2 Berlangsung

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Read More

Our Partners