Rekomendasi

Sanggar Perempuan Ini, Ajak Generasi Muda Lestarikan Batik

Minggu, 19 Agustus 2018 : 19.14
Sanggar Perempuan Ini, Ajak Generasi Muda Lestarikan Batik (Foto: Iwan Iswanda/hariankota)

KARANGANYAR -Sanggar Perempuan Pelestari Seni Rias Tradisional (PPSRT) bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, menggelar pameran dan workshop batik tulis pewarna alami 2018 Dukuh Mindi, Desa Sedayu, Kecamatan Jumantono, Minggu (19/08/2018).

Pantauan hariankota.com, dalam pameran tersebut, juga digelar  cara membatik dengan menggunakan pewarna alami. Terlihat puluhan wanita paruh baya menggerakan canting  yang berisi malam (pewarna batik, red) dan lilin ke kain putih bermotif batik.

Menurut ketua PPSRT, Murwati, Workshop dan pameran batik dengan menggunakan pewarna alami ini, merupakan langkah awal ini  untuk mengembangkan dan mengenalkan motif batik kepada anak-anak muda.

"Kita berupaya agar batik yang merupakan warsan budaya para leluhur ini tidak punah. Dengan cara workshop ini, kita harapkan dapat menarik minat  Karang Taruna, bisa membawa nama desa dan Karanganyar," kata Murwati, Minggu (19/08/2018).

Murwati mengaku sanggarnya telah bekerja sama dengan Kemendikbud untuk mengembangkan seni batik tradisional sejak Juli 2018 lalu.

Ditambahkannya, dalam pameran ini, pengunjung juga bisa  membeli beberapa kain batik yang dibanderol mulai harga Rp500.000 hingga Rp1 juta.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Karanganyar, Titis Sri Jawoto, mengatakan, kerajinan batik dari Desa Sedayu, Jumantono, ini belum dikenal luas.

Padahal, menurut Titis, kualitas batik dari Desa sedayu ini, tidak kalah dengan batik lain. Apalagi dengan menggunakan pewarna alami.

“Jika masyarakat Sedayu mempunyai gagasan untuk membentuk desa batik, kami tetap mendukung, seperti desa lainnya. Kami sudah membentuk komunitas Ekonomi Kreatif Karanganyar. Para pengrajin batik dapat memanfaatkan Terminal Wisata Karangpandan, Kecamatan Karangpandan, untuk memasarkan kerajinan batik mereka,” jelas Titis.


Kontributor: Iwan Iswanda
Editor: Rahayu


Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners