Rekomendasi

Sembelih Hewan Kurban Hari Ini, PPMI Assalaam Rayakan Idul Adha Berdasarkan Wukuf di Arafah

Selasa, 21 Agustus 2018 : 19.18
Sembelih Hewan Kurban Hari Ini, PPMI Assalaam Rayakan Idul Adha Berdasarkan Wukuf Di Arafah (Foto: Sapto Nugroho/hariankota)
SUKOHARJO - Sejumlah hewan kurban, berupa sapi dan kambing disembelih usai pelaksanaan sholat Idul Adha di komplek Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Assalaam, Pabelan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Selasa (21/8/2018).

Berbeda dengan keputusan pemerintah melalui Kemenag RI yang telah menetapkan Hari Raya Idul Adha jatuh pada, Rabu ( 22/8/2018) besuk. Untuk PPMI Assalaam dalam menentukan penetapan hari raya Idul Adha atau tanggal 10 Dzulhijjah mendasarkan pada pelaksanaan wukuf para jamaah haji di Arafah, Arab Saudi.

"Jadi, keputusan menggelar sholat Idul Adha hari ini merupakan bagian dari Ijtihad kami dengan dasar wukuf di Arafah, atau puasa Arafah yang harus dilakukan bertepatan dengan pelaksanaan wukuf jamaah haji pada tanggal 9 Dzulhijjah, dimana itu dilakukan kemarin (Senin, 20/8/2018)", terang Humas PPMI Assalaam, Qomaruddin kepada hariankota.com disela pemotongn hewan kurban.

Menurutnya, sesuai hukum islam, setelah para jamaah haji di Arab Saudi melaksanakan wukuf, maka keesokan harinya dipastikan sudah masuk tanggal 10 Dzulhijjah. Oleh karenanya dilaksanakanlah sholat Idul Adha dan dilanjutkan pemotongan hewan kurban di PPMI Assalaam.

Dalam perayaan Idul Adha tahun ini, PPMI Assalaam berkurban dengan memotong 37 ekor sapi dan 6 kambing yang dibagikan kepada masyarakat, dengan sasaran distribusi pembagian daging kurban, selain kepada warga di lingkungan sekitar pondok, juga ke daerah - daerah yang merupakan wilayah binaan.

"Untuk hari ini kami menyembelih 17 ekor sapi dan 6 ekor kambing yang akan dibagikan kepada masyarakat sekitar pondok. Sedangkan untuk tanggal 23 nanti (Kamis -Red), kami akan menyembelih 6 ekor sapi di Pacitan, Jawa Timur," papar Qomaruddin.

Selain di Pacitan, pada tanggal 24 (Jum'at-Red), juga akan disembelih 11 ekor sapi plus 10 ekor kambing di Kepuh, Gunung Kidul DIY dan Sinongko, Karanganyar. Dimana keseluruhan daerah tersebut dijelaskan Qomaruddin, selama ini merupakan daerah binaan PPMI Assalaam.

"Kami mengakui untuk penetapan Idul Adha tahun ini ada sedikit perbedaan. Hal ini karena, memang faktanya, wukuh di Arafah sudah dilakukan kemarin. Adapun untuk sholat Idul Adha tadi pagi, diikuti sekitar 4000 jamaah," pungkasnya.

Kontributor: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi
Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners