Rekomendasi

Sutopo: Ingin Beri Bantuan, Berkoordinasi dengan BNPB Agar Distribusi Bantuan Pas

Selasa, 07 Agustus 2018 : 22.30
Published by Hariankota
Gempa Lombok (Foto: BBC)
JAKARTA - Kepala Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho sampaikan hingga saat ini lebih dari 20 ribu warga yang mengungsi akibat gempa Lombok. Mereka diungsikan ke tempat yang lebih aman. Namun sebagian warga ada yang memilih tetap bertahan di depan rumah mereka.

BNPB masih terus melakukan pendataan dan proses evakuasi korban juga terus dilakukan. Proses evakuasi korban mengalami kendala karena keterbatasan alat berat dan rusaknya infrastruktur, seperti robohnya tiga jembatan yang menghubungkan tiga kecamatan.

"Para pengungsi juga masih sangat memerlukan beberapa bantuan logistik. Terutama makanan cepat saji, makanan bayi, obat-obatan dan tenaga medis," jelas Sutopo.

Dirinya sampaikan jika ada masyarakat ingin memberikan bantuan bisa berkoordinasi dengan BNPB setempat atau pun posko bantuan terdekat. Agar nanti terdaftar dan didistribusikan daerah yang memerlukan.

“Silakan berkoordinasi dengan BNPB atau posko yang ada di sana atau dengan lembaga lembaga yang bencana," pesan Sutopo.

Selain itu untuk memenuhi kebutuhan air bersih pada masyarakat, rencananya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan mengebor sumur tanah dan mendistribusikan tangki air.

Menurut Sutopo, wilayah Lombok Utara dan Lombok Timur mengalami dampak gempa yang cukup parah, meski gempa juga dirasakan hingga Sumbawa, Bali, dan wilayah timur Provinsi Jawa Timur.

“Masa tanggap darurat atas bencana gempa di NTB berlangsung hingga 11 Agustus 2018. Namun, tidak menutup kemungkinan masa tanggap darurat diperpanjang,” pungkasnya.

Reporter: Jumali
Editor: Jumali
Share this Article :

Berita Terbaru

Read More