Rekomendasi

Tangani Bencana Gempa Lombok, Pemerintah Keluarkan Perpres

Minggu, 12 Agustus 2018 : 21.19
Published by Hariankota
Ilustrasi
JAKARTA - Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi seusai rapat dengan Presiden Joko Widodo di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat, 10 Agustus 2018 sampaikan pemerintah tidak menaikkan status bencana gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat sebagai bencana nasional.

"Sehingga penanganan dilakukan oleh pemerintah daerah. Sebagai gantinya akan dikeluarkan peraturan presiden tentang dukungan pemerintah pusat. Pemerintah akan maksimal dalam memberikan dukungan," jelas Muhammad Zainul Majdi.

Sementara itu Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sebut jika pemerintah sudah mencairkan dana sebesar Rp 37-38 miliar sesuai permintaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Dana itu sebagai dana tanggap darurat untuk memberikan makanan, minuman, dan obat-obatan," papar Sri Mulyani.

Sekretaris Utama BNPB Dody Ruswandi sampaikan BNPB memiliki dana siap pakai (on call) untuk darurat bencana sebesar Rp 700 miliar. "Dana tersebut sudah terpakai setengahnya," ungkapnya.

Sementara itu catatan BNPB, jumlah korban tewas akibat gempa Lombok telah mencapai 321 orang. Sementara itu, jumlah pengungsi akibat gempa mencapai 270.168 orang yang tersebar di ribuan titik.

Reporter: Nuraini
Editor:Jumali
Share this Article :

Video Presiden Jokowi Bersama Keluarga Masuk ke Dalam Ka'bah Saat Ibadah Umroh

Berita Terbaru

Read More

Our Partners