Rekomendasi

Tarif PPh Turun, Kanwil DJP Jatim III Genjot Penerimaan Pajak dari UMKM

Rabu, 29 Agustus 2018 : 15.16
Tarif PPh Turun, Kanwil DJP Jatim III Genjot Penerimaan Pajak dari UMKM (Foto: Midaada/hariankota)
KOTA MALANG - Penurunan tarif Pajak Penghasilan (PPh) final dari 1 persen menjadi 0,5 persen terus coba dilakukan sosialisasi oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kanwil Jawa Timur III.

Kepala Kanwil DJP Jawa Timur III, Rudy Bastari Gunawan mengungkapkan sosialisasi tarif PPh terbaru ditujukan kepada pelaku UMKM dan wajib pajak di wilayah Kanwil DJP Jawa Timur III.

"Di PP baru memang ada penurunan tarif PPh dari 1 persen menjadi 0,5 persen bagi wajib pajak dengan omzet Rp 4,8 Miliar dalam satu tahun. Peraturan ini berlaku per 1 Juli 2018," ujar Rudi saat konferensi pers di salah satu hotel di Kota Malang, Rabu pagi (29/8/2018).

Ia menambahkan dari poin pokok PP Nomor 23 tahun 2018 diantaranya PPh 0,5 persen dari omzet tersebut wajib dibayar setiap bulannya sebelum tanggal 15 serta pengenaan tarif PPh serupa pada wajib pajak perorangan, badan berbentuk koperasi, PT, atau firman, hingga wajib pajak berbentuk PT

"Untuk wajib pajak perorangan pribadi juga berhak mendapat penurunan tarif PPh selama memiliki NPWP 7 tahun. Untuk yang WP (Wajib Pajak) badan usaha selama 4 tahun sementara PT selama 3 tahun," terang Rudi kembali.

Menurutnya dengan penurunan tarif PPh ini diharapkan mampu memperbanyak jumlah wajib pajak dan mendorong para pelaku UMKM untuk sadar membayar pajak yang telah murah.

"Kalau tarif pajak murah nanti kan masyarakat bisa sadar membayar pajak dan ujungnya meningkatkan penghasilan pajak. Kita akan maksimalkan penerimaan pajak," pungkasnya. 

Reporter: Midaada
Editor: Rahayu
Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners