Rekomendasi

Tersangkut Kasus Penipuan, DPD Demokrat Jateng Pecat Sugeng Sutrisno

Minggu, 19 Agustus 2018 : 13.40
Ilustrasi
SRAGEN - Sugeng Sutrisno (48), bakal calon anggota legislative (Bacaleg)  Provinsi Jawa Tengah  yang menjadi tersangka dalam kasus dugaan penipuan, secara resmi dipecat dari Partai Demokrat. Tidak hanya dipecat, Sugeng juga akan dicoret dari daftar Bacaleg dari daerah pemilihan VI (Sragen, Karanganyar, Wonogiri)

Hal  tersebut ditegaskan  Sekretaris Komisi Pemenangan Pemilu dan Pilkada DPD Demokrat Jateng, Joko Saptono.

Menurut  Joko  sanksi pemecatan dan pencoretan sebagai bacaleg dengan  nomor urut 3 tersebut, dinilai telah melanggar pakta integritas yang ditandatangani saat mendaftar sebagai bacaleg.

Ditegaskannya, partai tak perlu menunggu putusan hukum tetap dalam menyikapi kasus  dugaan penipuan yang dilakukan Sugeng ini.

"Partai tidak mentolerir dan dengan  tegas memutuskan memecat dia sebagai kader dan mencoretnya dari pencalegan," tandas  Joko.

Dijelaskannya,  untuk proses pencoretan Sugeng sebagai Caleg, akan segera diproses ke KPU Provinsi Jateng. Menurut rencana, Senin (20/8/2018), tim dari DPD akan segera mengajukan surat ke KPU agar Sugeng dicoret dari Daftar Caleg Sementara (DCS).

Soal kursi Caleg yang ditinggalkan Sugeng,lanjutnya,  partai akan menyerahkan sepenuhnya bagaimana mekanisme yang berlaku.

Jika diperbolehkan untuk diganti, Joko memastikan partai sudah menyiapkan nama yang akan ditempatkan untuk pengganti. Namun jika harus dikosongkan, partai pun juga siap.

"DPD sudah koordinasi dengan KPU Provinsi. Mungkin Senin besok kita ajukan surat ke KPU agar segera diproses pencoretannya. Mumpung masih DCS jadi bisa dicoret. Beda lagi kalau sudah masuk DCT, tidak bisa dirubah," jelasnya.

Joko  juga menegaskan kasus hukum yang menimpa Sugeng murni urusan pribadi dan sama sekali tak ada kaitannya dengan partai.

Sehingga partai juga tidak akan bertanggungjawab serta tak akan memberi bantuan hukum.

"Ini kasus pribadi. Kami tidak akan memberi pendampingan hukum. Kami juga mengimbau kepada masyarakat, jika menemukan caleg dari PD yang  melakukan tindakan pidana atau merugikan masyarakat, segera  disampaikan ke DPD atau DPC. Partai akan menindaklanjuti jika ada laporan Caleg yang terindikasi melakukan hal-hal merugikan masyarakat,” pungkasnya.


Kontributor: Iwan Iswanda
Editor: Gunadi

Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners