Rekomendasi

UPDATE GEMPA LOMBOK, Tim SAR Gabungan Evakuasi Ribuan Warga di Tiga Wilayah Gili

Senin, 06 Agustus 2018 : 21.01
Published by Hariankota
UPDATE GEMPA LOMBOK, Tim SAR Gabungan Evakuasi Ribuan Warga di Tiga Wilayah Gili (Foto: BNPB)
JAKARTA - Pasca gempa bumi yang terjadi di Lombok, Tim SAR gabungan telah melakukan evakuasi terhadap ribuan warga di tiga wilayah Gili, Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno.

Update data dari Kepala Pusat Data Informasi (Pusdatin) dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwonugroho di Kantor BNPB, Jakarta Timur, Senin (6/8/2018) informasi lapangan telah berhasil evakuasi 2000-2700 baik asing dan domestik, juga pegawai resort dan pemilik resort.

"Mereka dievakuasi ke Pelabuhan Bangsel di Lombok Utara. Selanjutnya diarahkan menuju Mataram untuk bisa melanjutkan ke Bandara Internasional Lombok, atau memilih singgah di hotel setempat," papar Sutopo.

Namun sebagian besar dari mereka banyak yang memilih langsung pulang. Untuk penerbangan sendiri bandara ada penambahan sampai 18 penerbangan, jam operasi sampai 24 jam.

"Operasional jam untuk penerbangangan dibuka selama 24 jam," lanjutnya. Sementara itu total korban meninggal dunia gempa Lombok hingga hari ini berjumlah 98 jiwa, 96 berasal dari Lombok dan 2 di Bali, mereka adalah warga Indonesia.

Sedangkan korban luka hingga sore hari tadi mencatat ada 236 orang. Jumlah pengungsi total diperkirakan sebanyak 200 ribu jiwa. "Total saat ini 98 korban meninggal dunia. 96 berasal dari Lombok dan 2 di Bali, semua terdata warga Indonesia," jelas Sutopo.

Jumlah ini lanjut Sutopo akan trus diberbaharui. Karena masih ada wilayah yang belum terjangkau aksesnya, seperti di Lombok Utara yang berbukit-bukit. Sedangkan korban jiwa akibat gempa terbanyak ditemukan di Lombok Utara.

"Hal diakibatkan berdekatan dengan pusat gempa," tutupnya. 

Reporter: Gunadi
Editor: Ferdinan
Share this Article :

Berita Terbaru

Read More