Rekomendasi

Antisipasi Aksi 9 September, NU Solo Siap Turunkan Ribuan Banser

Sabtu, 01 September 2018 : 23.11
Antisipasi Aksi 9 September, NU Solo Siap Turunkan Ribuan Banser (Foto: Sapto Nugroho/hariankota)
SOLO - Mensikapi dinamika yang berkembang menjelang aksi 9 September, Ketua Pengurus Cabang Nahdahtul Ulama (PC NU) Solo, Helmy Ahmad Sakdilah menyatakan siap menurunkan ribuan anggota Barisan Ansor Serba Guna (Banser) jika acara yang banyak menuai penolakan tersebut membuat Kota Solo menjadi tidak kondusif.

"Kebetulan kami para pengurus NU se Solo Raya akan menggelar pertemuan besuk Minggu (2/9/2018) membahas pelaksanaan Liga Santri Nasional yang juga akan di hadiri Presiden Joko Widodo pada bulan Oktober mendatang. Nah, pada kesempatan itu, kami juga akan membahas soal 9 September itu (menyiapkan Banser-Red)," kata Helmy saat ditemui hariankota.com Sabtu, (1/9/2018). 

Baca Juga:
Helmy menjelaskan, terkait banyaknya penolakan rencana kegiatan jalan sehat dalam rangka Hari Olah Raga Nasional (Haornas) yang digagas atas nama Umat Islam Solo bertempat di Kotta Barat pada, Minggu (9/9/2018) mendatang, pihaknya menilai bahwa acara itu berpotensi menimbulkan gesekan, lantaran didalamnya ditenggarai juga ada kepentingan politik.

"Bagi kami, sepanjang acara itu mengantongi ijin dari pihak kepolisan, tentu tidak akan kami permasalahkan, silahkan saja. Namun, perlu diingat, jika acara yang juga akan dihadiri artis Neno Warisman dan Ahmad Dani nanti, justru membuat rusuh, maka kami punya kewajiban untuk bertindak," tandasnya.

Menurut Helmy, dari apa yang diserap NU, masifnya penolakan bukan pada acara olah raga jalan sehatnya, tapi lebih kepada adanya rencana aksi penyampaian aspirasi tuntutan turunkan harga - harga kebutuhan pokok dan tujuan politik didalamnya.

"Kalau acara olah raga, ya, olah raga saja, jangan ada hal lain yang disisipkan. Ini namanya kegiatan triple even. Jalan sehat, demo dan acara politik," ujarnya. Dalam pertemuan pengurus NU se Solo Raya nanti, Helmy juga mewacanakan membuat surat penolakan jika kegiatan Haornas Umat Islam Solo tersebut nyata - nyata disusupi kepentingan politik.

"Ini (surat) baru rencana dengan catatan kalau para ketua PC NU se Soloraya menyetujui," katanya. Nantinya, surat akan ditandatangani seluruh Ketua PC NU se Solo Raya dan selanjutnya akan di kirim ke Wali Kota Solo, dan Kapolresta. Kemudian kepada Bupati, Komandan Kodim (Dandim, Red) dan Kapolres se-Solo Raya.

Kontributor: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi
Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners