Rekomendasi

BNPB Paparkan Dua Penyebab Sebab Tsunami Saat Gempa Guncang Donggala dan Palu

Sabtu, 29 September 2018 : 20.05
Published by Hariankota
BNPB Paparkan Dua Penyebab Sebab Tsunami Saat Gempa Guncang Donggala dan Palu
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebut bencana tsunami yang terjadi pasca gempa berkekuatan 7,4 SR yang mengguncang Donggala, Palu, Sulawesi Tengah, disebabkan karena longsoran sedimen yan ada di dasar laut.

Keterangan Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Graha BNPB, berdasarkan koordinasi dengan para ahli tsunami diketahui penyebab tsunami ada 2 penyebab.

"Pertama di teluk Palu, dari gambaran video tsunami cukup tinggi, disebabkan ada longsoran sedimen dasar laut kedalaman 200-300 meter," jelas Sutopo, Sabtu (29/9). Asal sedimen, dari sungai yang muaranya di teluk Palu, karena sedimennya belum kuat maka saat gempa mengakibatkan longsor.

"Dari gambar (video) di Pantai Talise, awal tsunami airnya jernih tsunami awal itu airnya jernih, namun saat gelombang besar datang airnya terlihat keruh. Keterangan dari ahli kemungkinan dipicu longsoran di dasar laut," papar Sutopo.

Sedangkan sebab kedua, karena bagian luar Teluk Palu, disebabkan oleh gempa lokal. Pada saat tsunami di bagian luar Teluk Palu, tinggi gelombang tidak setinggi tsunami yang disebabkan longsoran sedimen dasar laut. Tsunami di bagian luar Teluk Palu airnya lebih jernih.

Pihak BNPB telah berkoordinasi untuk mengirimkan para ahli tsunami agar menganalisis lebih jauh menghitung tinggi tsunami.

Penulis: Jonafa Rabbani
Editor: Gunadi

Share this Article :

Video Presiden Jokowi Bersama Keluarga Masuk ke Dalam Ka'bah Saat Ibadah Umroh

Berita Terbaru

Read More

Our Partners