Rekomendasi

Limbah Diduga Cemari Sungai, PT RUM Diminta Bupati Hentikan Uji Coba Produksi

Jumat, 28 September 2018 : 16.37
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Diduga limbah cairnya menyebabkan ikan di sungai Bengawan Solo mati, Bupati Sukoharjo meminta PT Rayon Utama Makmur (RUM) yang berada di Desa Plesan, Kecamatan Nguter menghentikan untuk sementara uji coba produksinya.

Informasi yang diperoleh hariankota.com, permintaan penghentian sementara kepada pabrik yang memproduksi serat rayon tersebut tertuang dalam surat yang dikirim ke PT RUM tertanggal hari ini, Jum'at (28/9/2018) siang.

Keputusan Bupati agar PT RUM menghentikan uji coba produksi mendasarkan aduan Forum Masyarakat Peduli Lingkungan (FMPL) Sukoharjo dan hasil pemantuan lokasi oleh tim Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Sukoharjo.

Diketahui, selama uji coba pasca berhenti beroperasi lantaran terkena sanksi administratif dari Pemkab Sukoharjo, PT RUM telah melakukan berbagai langkah pembenahan seperti, memasang Continous Emision Monitoring (CEMs), memasang Wet Scubber untuk menanggulangi bau, dan memasang pipa pembuangan air limbah hasil pengolahan IPAL sampai sungai bengawan solo.

Namun, dari seluruh upaya penanganan limbah yang sudah dilakukan tersebut, pada saat uji coba produksi ternyata setelah beberapa waktu berjalan masih menimbulkan bau.

Bahkan oleh FMPL Sukoharjo disebutkan dalam surat aduannya, limbah cair PT RUM telah menyebabkan ikan - ikan di sungai Bengawan Solo, tepatnya sekitar Jembatan Nguter lama tiba-tiba mati.

Terpisah, Sekretaris PT RUM, Bintoro Dibyoseputro saat dikonfirmasi membenarkan jika pihaknya telah menerima surat permintaan penghentian sementara uji coba produksi dari Bupati Sukoharjo.

"Dalam waktu segera, kami akan berdialog dengan bapak bupati.(Untuk saat ini) sampel air (sudah) diambil di ujung keluaran pipa di Bengawan Solo dan dikirim ke Semarang untuk cek laboratorium resmi," jelasnya melalui pesan singkat Whatsapp.

Ditambahkan Bintoro, uji coba produksi yang dilakukan sejak, Jum'at (21/9/2018) lalu ini sebenarnya juga untuk mengecek sejauh mana hasilnya setelah upaya pembenahan, dan sebelum dilepas ke perairan terbuka, limbah juga sudah diolah sesuai ketentuan baku mutu.

Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More