Rekomendasi

Rencana Relawan Gelar Jalan Sehat di CFD Solo Undang Polemik, Jokowi: Saya Pulang Mau Ketemu Cucu

Sabtu, 29 September 2018 : 19.08
Published by Hariankota
Rencana Relawan Gelar Jalan Sehat di CFD Solo Undang Polemik, Jokowi : Saya Pulang Mau Ketemu Cucu (Foto:Sapto Nugroho/hariankota)
SOLO - Rencana aksi relawan pendukung Presiden Jokowi yang akan menggelar kegiatan di Car Free Day (CFD) jalan Slamet Riyadi Solo dengan tajuk "Tombo Kangen dan Jalan Sehat Bersama Pak Jokowi", selain dilarang Pemkot Solo juga ditentang masyarakat.

Penggunaan CFD untuk kegiatan politik dinilai akan menciderai kebijakan Pemkot Solo yang menjadikan tempat tersebut hanya sebagai sarana olah raga, tempat berkumpul warga tanpa ada tujuan politik didalamnya.

Koordinator Tim Advokasi Reaksi Cepat (TARC), Muhammad Taufik kepada hariankota.com, Sabtu (29/9/2018) mengatakan, saat ini Joko Widodo (Jokowi) telah ditetapkan sebagai seorang calon Presiden. Sehingga, hak-hak yang dimilikinya sama dengan warga masyarakat lainnya.

"Selain itu, acara (jalan santai bareng Jokowi) yang digagas relawan bukan acara kenegaraan. Karena apa, acara kenegaraan itu murni satu yang berhak menyelenggarakan yaitu, Kesekretariatan Negara. Sementara di acara ini bukan dari Kesekretariatan Negara," sebut Taufik.

Menurut Taufik, acara tersebut jelas bertujuan politik, dan yang lebih mengkhawatirkan, merupakan dari upaya mengadu domba antar warga masyarakat Solo. "Kami sudah mencari tahu, bahwa yang menggelar acara yang direncanakan digelar pada, Minggu (30/9/2018) pagi besuk, bukan orang Solo, dan acaranya berskala nasional di Solo," sebutnya.

Taufik yang juga Ketua Ikadin Solo ini menandaskan, kalau penyelenggaranya bukan Kesekretariatan Negara, maka Jokowi itu identik dengan calon presiden (Capres). Oleh sebab itu, sebagai capres, dia harus tunduk terhadap aturan pemilu, tunduk terhadap aturan KPU, Bawaslu dan tunduk terhadap aturan ASN.

"Kami menyatakan menolak rencana kegiatan itu dengan mengirimkan surat terbuka pada pihak Kepolisian, agar acara tidak digelar di CFD," tegasnya.

Presiden Jokowi (Foto: Sapto Nugroho/hariankota)
Terpisah, disela kegiatannya di Kota Solo, dalam sebuah kesempatan, kepada awak media yang mencoba mengkonfirmasi, Presiden Jokowi dengan santai meminta agar bertanya langsung pada panitia penyelenggara.

"Tanya sama yang ngundang (panitia). Saya kan mau tidur, istirahat," jawab Presiden. Bahkan Jokowi mengatakan tidak mengetahui ada agenda (jalan sehat bersama relawan) tersebut jika mengundang dirinya. Jokowi juga tidak tahu apakah akan hadir dalam acara tersebut.

"Saya pulang mau istirahat, bertemu keluarga, ketemu anak sama cucu," tandas Jokowi.

Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi

Share this Article :

Video Presiden Jokowi Bersama Keluarga Masuk ke Dalam Ka'bah Saat Ibadah Umroh

Berita Terbaru

Read More

Our Partners