Rekomendasi

Sempat Alot, Dewan Setujui Perubahan Perda Perangkat Desa

Kamis, 13 September 2018 : 21.37
Sempat Alot, Dewan Setujui Perubahan Perda Perangkat Desa (Foto: Iwan Iswanda/hariankota)
KARANGANYAR - Setelah sempat alot dalam pembahasan, akhirnya DPRD karanganyar menyetujui perubahan Peraturan daerah (Perda) tentang perangkat desa.

Hal tersebut terungkap dalam rapat paripurna DPRD Karanganyar dengan agenda penetapan persetujuan bersama DPRD dengan bupati tentang tiga rancangan raperda yang diajukan oleh Pemkab, Kamis (13/09/2018).

Ketua panitia khusus (Pansus) satu, Endang Muryani, kepada hariankota.com usai rapat paripurna, mengatakan, perubahan Perda perangkat desa ini, untuk menyesuaikan dengan regulasi yang ada dalam rangka pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak yang akan dilaksanakan pada bulan Februari 2019.

“Karena ada regulasi yang baru, Pemkab mengajukan usulan perubahan,” kata Endang, Kamis (13/09/2018).

Menurut Endang, ada Sembilan poin krusial yang dilakukan perubhan, namun yang paling urgen adalah soal biaya Pilkades dan mekanisme penghitungan jika terjadi suara berimbang saat pencoblosan.

“Yang paling urgen adalah soal biaya dan jika perolahan suara berimbang dalam pilkades, Karena disitu diatur tentang mekanaisme penghitungan suara,” jelasnya. Sedangkan soal anggaran, politisi PDI Perjuangan, sepenuhnya dibiayai sepenuhnya oleh APBD. Hanya saja, ada komponen biaya yang harus ditanggung oleh APBDes.

“Soal anggaran, diatur oleh APBD, juga kita sisipkan yang mungkin bisa dibiayai oleh APBDes. Jika dalam dinamikanya, terjadi pemilihan ulang, maka akan dibiayai oleh APBDes.Besarnya nominal pilkades, belum ditentukan. Tapi kemungkinan berbeda satu desa dengan desa lainnya,” tandasnya.

Kontributor: Iwan Iswanda
Editor: Gunadi
Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners