Rekomendasi

Tanpa Neno dan Dhani, Peserta Aksi 9 September Lampui Target

Minggu, 09 September 2018 : 13.18
Tanpa Neno Dan Dhani, Peserta Aksi 9 September Lampui Target (Foto: Sapto Nugroho/hariankota)
SOLO - Batalnya Neno Warisman dan Ahmad Dani hadir ditengah peserta jalan sehat Warga Solo Untuk Indonesia Berdaulat tak menyurutkan minat puluhan ribu peserta untuk hadir di lokasi aksi yang dituding bermuatan politik tersebut di Bundaran Gladag, Solo, Minggu (9/9/2018) pagi.

Ribuan peserta yang datang seakan tak memperdulikan kontroversi yang sempat mengiringi rencana penyelenggaraan. Sejak sekira pukul 06.00 WIB, tua muda hingga anak - anak berdatangan dari seluruh penjuru Solo Raya (Solo, Sragen, Boyolali, Klaten, Sukoharjo dan Karanganyar).

Mereka datang menyemut memadati tempat di gelarnya kegiatan yang jaraknya dari Balaikota Solo hanya ratusan meter, serta tak jauh dari Gereja.

(Foto: Sapto Nugroho/hariankota)
Pantauan hariankota.com, peserta terlihat memenuhi jalan Slamet Riyadi dan Jalan Jenderal Sudirman hingga jauhnya sekira 500 meter dari panggung utama yang digunakan para tokoh menyampaikan tausiyah.

Himbauan yang disampaikan panitia tentang larangan menggunakan atribut hastag #2019GantiPresiden rupanya ditaati oleh peserta. Sejauh mata memandang, tidak terlihat adanya simbol - simbol yang dilarang tersebut.

Namun begitu, bukan berarti acara yang mendapat pengawalan ketat dari kepolisian serta dibantu ratusan ormas Islam ini terbebas dari nuansa politik. Hal itu, nampak saat tokoh LBH Mega Bintang, Mudrick M Sangidoe menyampaikan tausiah di atas panggung utama.

Meskipun sudah di himbau untuk tidak melakukan orasi politik, namun tetap saja lontaran kritik terhadap pemerintah tentang banyaknya pembiaran kasus diskriminasi, persekusi terhadap ulama dan tokoh Islam disampaikannya dalam tausiah sekira 5 menitan itu.

"Ini namanya dzolim saudara - saudara, Saya tidak bisa untuk tidak melakukan orasi politik. Sudah kepalang basah, ya ngomong saja sekalian," ujarnya yang langsung disambut pekik takbir oleh peserta.

Humas dan Perizinan Panitia, Endro Sudarsono, usai kegiatan mengatakan, peserta jalan sehat dengan hadiah utama tiga paket ibadah umroh dan ratusan hadiah lainnya ini, jauh melampaui target yang di perkirakan.

"Ini lebih dari 50 ribu peserta yang melewati rute start dari Bundaran Gladag menuju perempatan Bank Indonesia ke barat menyusuri Jalan Ronggowarsito hingga depan Istana Mangkunegaran belok kiri Jalan Diponegoro hingga Jalan Slamet Riyadi dan berakhir di Bundaran Gladag," katanya.

Menyinggung batalnya Neno Warisman dan Ahmad Dani, Endro mengungkapkan, sebelumnya keduanya telah menkonfirmasi kepada panitia atas ketidakhadirannya.

"Selain pertimbangan kondusifitas, Bunda Neno kebetulan ada acara di Lampung. Sedangkan Ahmad Dani, hari ini dia ke Surabaya, infonya memenuhi panggilan Polda Jawa Timur," terangnya.

Sebagai gantinya, selain Mudrick M Sangidoe, panitia juga menyiapkan sejumlah tokoh untuk memberikan tausiah, diantaranya Ketua Dewan Syari'ah Kota Surakarta (DSKS), Ustadz Muinudinnillah Basri, Cak Nur Dan Mustofa Nahrawardaya.

(Foto: Sapto Nugroho/hariankota)
Kapolresta Solo, Kombes Pol, Ribut Hari Wibowo, yang berpatroli dengan naik sepeda. Saat diminta tanggapannya tentang jalannya kegiatan mengatakan, secara umum semua berjalan lancar dan aman.

"Kondisinya landai (aman)," ujarnya singkat.

Kontributor: Sapto Nugroho
Editor: Jumali
Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners