Rekomendasi

Jelang Pertemuan IMF-World Bank Group (WBG) di Bali, Polda Jatim Perketat Penjagaan Pelabuhan Ketapang

Jumat, 05 Oktober 2018 : 17.54
Published by Hariankota
Jelang Pertemuan IMF-World Bank Group (WBG) Di Bali, Polda Jatim Perketat Penjagaan Pelabuhan Ketapang
BANYUWANGI - Penjagaan superketat dilakukan Polda Jatim di pintu masuk pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. Semua kendaraan yang hendak menyebrang ke Gilimanuk, Bali diperiksa. Ini dilakukan menjelang pertejuan penting IMF-World Bank Group (WBG) yang sedianya akan berlangsung di Nusa Dua Bali 8 hingga 14 Oktober mendatang.

Kabagops Polres Banyuwangi Kompol Sumartono mengatakan, setidaknya terdapat 750 pasukan gabungan yang akan disebar. Baik di Pelabuhan Ketapang sendiri maupun di Pelabuhan Tanjungwangi. Bahkan, pelabuhan-pelabuhan rakyat juga akan dijaga.

"Kita fokus pada penumpang, kendaraan pribadi maupun kendaraan barang yang hendak ke Bali. Kita periksa sejak dini semua barang bawaan mereka," papar Kompol Sumartono, usai menggelar sidak di Pelabuhan Ketapang, Jumat (5/10/2018).

Menurut Sumartono, ini dilakukan untuk mengantisipasi masuknya barang-barang yang membahayakan, seperti bahan peledak (handak) dan narkotika ke pulau Bali. Bahkan, apabila para delegasi dari 189 negara itu yang hendak mengunjungi beberapa lokasi destinasi wisata, maka pengamanan tersebut secara otomatis diperpanjang.

"750 pasukan itu terdiri dari TNI-Polri, Satpol-PP, Dishub serta Brimob dari Polda Jatim," tegas Sumartono, Kamis Sore.

Sementara itu, Kasat Sabhara AKP Basori Alwi menambahkan, untuk pengetatan pengamanan pihaknya menyiagakan tim K-9 untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di lokasi pertemuan para bankir yang menjadi delegasi dari 189 negara itu.

"Kita juga siagakan anjing pelacak yang mempunyai kemampuan mengendus seperti handak, lacak umum, dan narkotika," tegasnya. Seluruh penumpang, baik perorangan maupun yang menggunakan kendaraan seluruhnya akan diperiksa menggunakan metal detector, mirror detector, serta tim sterilisasi.

"Ini akan dilakukan sampai acara di Bali selesai. Bahkan informasinya sebagian delegasi akan di wilayah Banyuwangi dan tetap kita amankan," pungkasnya.

Penulis: Bayu Aditya
Editor: Gunadi

Share this Article :

Video Presiden Jokowi Bersama Keluarga Masuk ke Dalam Ka'bah Saat Ibadah Umroh

Berita Terbaru

Read More