Rekomendasi

Apel Akbar HSN di Solo, Dijadwalkan Bakal Dihadiri Presiden Jokowi

Kamis, 04 Oktober 2018 : 21.42
Published by Hariankota
Apel Akbar HSN Di Solo, Dijadwalkan Bakal Dihadiri Presiden Jokowi (Foto:Sapto Nugroho/hariankota)
SOLO - Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan menghadiri apel akbar menyambut Hari Santri Nasional (HSN) dengan target dihadiri puluhan ribu warga nahdliyin dari seluruh perwakilan yang ada di Indonesia di Kota Solo, dengan dibarengi berbagai kegiatan pendukung, seperti, Pesantren Expo dan kompetisi sepak bola Liga Santri Nasional (LSN).

"Sedianya apel akbar akan digelar di Stadion Sriwedari Solo, bersamaan dengan partai final Liga Santri Nasional (LSN), namun berhubung presiden Jokowi masih fokus dengan penanganan musibah gempa dan tsunami maka diundur tanggal 13 Oktober mendatang," kata Abdul Ghofarrozin, Ketua Pengurus Pusat Rabithah Ma'ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama, saat gelar jumpa pers di rumah Heritage, Kabangan, Kecamatan Laweyan, Solo, Kamis (4/10/2018) sore.

HSN di sebutkan Abdul, memiliki arti dan makna yang penting bagi kalangan santri sendiri dan segenap elemen bangsa. Ini semua, karena dalam sejarahnya peran santri dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia sudah tidak diragukan lagi.

Salah satu momen yang menjadi tonggak peringatan HSN dan patut selalu diingat untuk diperingati adalah resolusi jihad yang dicetuskan oleh Rais Akbar NU KH Hasyim Asy'ari pada 22 Oktober 1945 silam.

"Ada tiga kegiatan yang diselenggarakan dalam peringatan HSN di Kota Solo ini, pertama kompetisi sepakbola Liga Santri Nasional (LSN) yang sudah berjalan sejak, Senin (1/10/2018) lalu. Dimana sampai hari ini sudah memasuki babak 16 besar, dan finalnya akan di gelar di Stadion Sriwedari," jelasnya.

Sedangkan kegiatan kedua adalah expo pesantren, akan berlangsung selama 3 hari mulai, Jum'at - Minggu, (5-7/10/2018), dengan menampilkan produk - produk buah karya santri se Jawa Tengah dan sekitarnya, bekerja sama dengan kementrian terkait, lembaga dan perusahaan swasta.

"Nanti pada acara expo juga diramaikan lomba hadrah, band tingkat SMA, fashion show dan hiburan musik dengan penampilan grup band Gigi dan band Wali, serta puncaknya baru pelaksanaan apel akbar tanggal 13 Oktober mendatang," tandas Abdul.

Kepada warga Kota Solo, Abdul dan seluruh panitia pada kesempatan tersebut juga meminta maaf jika pelaksanaan HSN kali ini menimbulkan berbagai dampak seperti kemacetan jalan dan hal lainnya lantaran begitu banyaknya warga NU yang bakal datang.

Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More