Rekomendasi

Berkekuatan Hukum Tetap, Kejari Sukoharjo Musnahkan BB Sitaan Hasil Putusan Perkara

Senin, 22 Oktober 2018 : 17.13
Berkekuatan Hukum Tetap, Kejari Sukoharjo Musnahkan BB Sitaan Hasil Putusan Perkara (Foto: Sapto Nugroho/hariankota)
SUKOHARJO - Diawali pengecekan puluhan barang bukti (BB) sitaan hasil perkara yang sudah berkekuatan hukum tetap atau inkrah, Kejaksaan Negeri (Kejari) Sukoharjo melaksanakan kegiatan pemusnahan BB tersebut di halaman kantor Kejari setempat, Senin (22/10/2018).

Selain Kejari Sukoharjo, Tatang Agus V, pemusnahan juga melibatkan Kapolres Sukoharjo, AKBP Iwan Saktiadi, Dandim 0726 / Sukoharjo, Letkol Inf Chandra Ariyadi Prakosa serta perwakilan instansi terkait seperti, BPOM, dan Kantor Kementrian Agama Sukoharjo.

"Hari ini kami melaksanakan pemusnahan barang bukti hasil sitaan perkara dalam satu tahun terakhir. Diantaranya ada sabu seberat 69,945 gram, minuman beralkohol (mihol) palsu, kosmetik dan obat-obatan ilegal, serta 1 buah senjata pistol airsoft gun," terang Kejari

Berdasarkan berita acara, selain sabu dan airsoft gun, BB lainnya yang dimusnahkan, adalah, 150 butir obat psikotropika pil calmlet, 4 butir aprazolam, 2 butir riklona, 5 karung berisi jamu dan obat ilegal, 25 potong pakaian terdiri celana dan kaos dalam pidana pencurian, pengeroyokan, 1 timbangan digital, ATM, tas, dompet, dan alat penghisap sabu berupa pipet, dan bong.

"Semua BB yang dimusnahkan hari ini berasal dari 25 perkara yang sudah diputus PN Sukoharjo dan sesuai ketentuan harus dimusnahkan," ujarnya.

Pemusnahan sabu dilakukan dengan cara dicampur cairan penawar kemudian diblender, sedangkan untuk BB pakaian, jamu atau obat ilegal dibakar dalam sebuah drum. Adapun pemusnahan mihol palsu dengan cara dituang dalam drum untuk kemudian dibuang dan botol dihancurkan.

Sementara untuk airsoft gun dan timbangan digital dihancurkan dengan cara dipotong dengan mesin gerinda. "Dari 25 perkara yang sudah diputus selama satu tahun ini dan BBnya dimusnahkan pada hari ini, didominasi perkara narkoba berupa sabu," pungkas Tatang.

Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi

Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners