Rekomendasi

Deklarasi Damai Pemilu, Bupati Karanganyar Ingatkan ASN Netral

Senin, 01 Oktober 2018 : 22.29
Published by Hariankota
Deklarasi Damai Pemilu, Bupati Karanganyar Ingatkan ASN Netral (Foto: Iwan Iswanda/hariankota)
KARANGANYAR - Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengingatkan agar Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) tetap menjaga netralitas selama pelaksanaan pemilihan legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres) yang akan digelar secara bersamaan pada bulan April 2019 mendatang.

Hal tersebut ditegaskan bupati, saat deklarasi pemilu damai yang diikuti seluruh partai politik (Parpol) peserta pemilu, Senin (01/10/2018) mendatang. Bupati memberikan gambaran, bahwa pesta demokrasi ini, seperti pertandingan sepakbola. Ada pemain, ada wasit dan penonton

“Sebagai wasit, Bawaslu harus tetap menjaga netralitas, sehingga pesta demokrasi berlangsung damai,” kata bupati. Bupati juga mengingatkan agar sepanjang pelaksanakan Pemilu 2019, seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Karanganyar tetap bersikap netral.

“Para ASN juga harus bisa menejaga netralitas. Kepada peserta pemilu,terutama kepada seleuruh calon anggota legislative, persiapkan diri dengan baik agar siap bertanding. Hindari praktik ujaran kebencian,fitnah serta menyebarkan berita bohong,” tegasnya.

Sementara itu, ketua Bawaslu Karanganyar, Nuning Ritwnita, mengatakan, dalam pesta deokrasi, seluruh warga Karanganyar diminta untuk saling menghargai, menghormati pilihan masing-masing.

“Jangan ada intimidasi. Hargai perbedaan dan hindari kampanye negative,ujaran kebencian dan tidak ada kecurangan. Berkampanyelah secara dewasa,” ujar Nuning.

Sementara itu, ketua KPU Karanganyar, Triastuti Suryandari, mengatakan, penyelenggara pemilu telah s menyusun jadwal kampanye. Selama masa kampanye, lanjutnya, KPU berharap parpol dan para pelaksana kampanye harus memberikan pendidikan politik ke masyarakat.

Sementara itu, dalam kampanye pemilu damai tersebut, Forkompinda serta Parpol peserta pemilu melepeas balon ke udara dan dilanjutkan dengan penandatanganan kesepakatan kampanaye damai selama Pileg dan Pilpres.

Penulis: Iwan Iswanda
Editor: Bagya Komang

Share this Article :

Video Presiden Jokowi Bersama Keluarga Masuk ke Dalam Ka'bah Saat Ibadah Umroh

Berita Terbaru

Read More

Our Partners