Rekomendasi

Gempa dan Tsunami Guncang Palu, 23 Pesawat Asing Diijinkan Masuk Wilayah Indonesia

Jumat, 05 Oktober 2018 : 16.59
Published by Hariankota
Gempa dan Tsunami Guncang Palu, 23 Pesawat Asing Diijinkan Masuk Wilayah Indonesia
JAKARTA - Pasca bencana Gempa bumi berkekuatan 7,4 SR diikuti Tsunani bantuan luar negeri untuk para korban terus berdatangan. Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) menyebut sebanyak 23 pesawat asing masuk ke Indonesia membawa berbagai macam bantuan.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir menyebut, Kemenlu telah mengeluarkan ijin flight clearance untuk pesawat asing masuk ke wilayah udara Indonesia.

"Total kemlu sudah mengeluarkan flight clearance untuk 23 pesawat dar 12 negara per pagi tadi. Sekira pukul 4 pagi tadi masuk lagi satu pesawat dari Jepang ke Balikpapan," demikian disampaikan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir saat ditemui wartawan, Jumat (10/5/2018).

Sejak terjadinya bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah, beberapa pesawat bantuan asing telah mendarat di Indonesia termasuk di antaranya pesawat bantuan dari Inggris, India, Singapura, Selandia Baru, Malaysia dan Jepang.

Selain negara-negara tersebut, Amerika Serikat menyatakan telah mengirimkan tiga pesawat militernya untuk membantu upaya pengiriman bantuan ke daerah bencana. Arrmantha mengatakan, jumlah negara-negara tersebut masih akan bertambah dan mungkin berubah dalam hitungan jam.

"Ini nanti kita tunggu, biasanya ter-update setiap beberapa jam. Tetapi kembali kita tekankan bahwa pemberian flight clearance tidak otomatis pesawat-pesawat itu bisa masuk (ke daerah bencana) dalam satu dua hari, mengingat kapasaitas bandara di sana terbatas," jelasnya.

Selain memberi update mengenai pengiriman bantuan asing, Arrmanatha juga mengonfirmasi tewasnya seorang warga negara Korea Selatan yang sebelumnya belum dapat dihubung. warga negara Korsel itu adalah atlet paralayang yang sedang mengikuti kompetisi di Palu.

"Jenazahnya hari ini akan dibawa keluar dari Palu untuk dibawa pulang ke Korea Selatan," ujarnya.

Penulis: Ainun
Editor: Gunadi

Share this Article :

Video Presiden Jokowi Bersama Keluarga Masuk ke Dalam Ka'bah Saat Ibadah Umroh

Berita Terbaru

Read More

Our Partners