Rekomendasi

Ini Cerita Pencipta Mars Kota Padangsidimpuan yang Banyak Belum Diketahui

Kamis, 18 Oktober 2018 : 11.53
Published by Hariankota
Ini Cerita Pencipta Mars Kota Padangsidimpuan yang Banyak Belum Diketahui (Foto: Idham/hariankota)
PADANGSIDIMPUAN - Mungkin masih banyak masyarakat Padangsidimpuan yang belum tahu lagu mars Pemko Padangsidimpuan, bahkan pencipta lagu mars tersebut banyak yang tidak tahu.

Ini sedikit lirik dari lagu mars Padangsidimpuan tersebut "Kota Padangsidimpuan yang tercinta.Kota yang berbudaya dan beriman. Tujuh belas Oktober tahun dua ribu satu lahirlah pemerintahannya.Kota Padangsidimpuan.Kota yang beradab dan berpendidikan".

Lagu mars Kota Padangsidimpuan diciptakan oleh Chandra Buana Nasution.Lagu ini resmi menjadi lagu mars Pemko Padangsidimpuan dikatakan Chandra Buana Nasution sekira pada tahun 2004. Dia sendiri menciptakan lagu ini diungkapkannya pada tahun 2003.

"Saya ciptakan lagu mars Pemko Padangsidimpuan ini pada tahun 2003, penyempurnaan lagunya baik aransemen musiknya pada festival perlombaan cipta lagu mars Pemko Padangsidimpuan tahun 2004. Pada waktu itu lagu yang saya ciptakan, sebagai pemenang," papar Chandra, Kamis (18/10/2018).

"Sejak ditetapkan menjadi pemenang, mulailah lagu mars Pemko Padangsidimpuan ciptaan saya, dijadikan lagu resmi mars Pemko Padangsidimpuan,".

Karena pada festival tersebut menjadi kesepakatan, bahwa lagu yang menang, akan digunakan menjadi lagu resmi mars Pemko Padansidimpuan," imbuhnya didampingi oleh salah satu pengurus Dewan Kesenian Kota Padangsidimpuan Viktor Sinaga.

Sebelum Chandra Buana dipanggil kepentas HUT ke 17 Pemko Padangsidimpuan, untuk menerima penghargaan dari Pemerintahan Kota Padangsidimpuan.

Diungkapkan Chandra bahwa pembuatan lagu mars Pemko Padangsidimpuan tersebut terinspirasi dari motto Kota Padangsidimpuan,yaitu Salumpat Saindege dalam arti satukan derap langkah kita yang selanjutnya dikembangkan kedalam lirik lagu mars Pemko Padangsidimpuan yang digunakan hingga sekarang.

Sebagai pencipta lagu mars Pemko Padangsidimpuan Chandra Buana sangat berharap sekali, lagu mars Pemko Padangsidimpuan tersebut lebih tersosialisasikan dimasyarakat, apalagi bagi pelajar yang ada di Kota Padangsidimpuan.

Dia juga berharap bila lagu mars Pemko Padangsidimpuan ciptaannya dimuat atau dipublikasikan seperti di You Tube, nama pencipta lagu mars tersebut harus dicantumkan.

"Sewaktu saya buka You Tube lagu mars Pemko Padangsidimpuan, nama penciptanya tidak dicantumkan disitu, mungkin karena kelalaian yang memuat lagu mars Pemko Padangsidimpuan tersebut nama pencipta lagunya tidak dimuat. Waktu itu saya sudah pernah bertanya kepada Dinas terkait yang memuat lagu itu di You Tube. Untuk itulah saya sangat mengharapkan kepada Pemerintahan Kota Padangsidimpuan untuk disempurnakan kembali pemuatan lagu mars Pemko Padangsidimpuan di You Tube," harapnya.

Menurutnya hak pencipta itu tidak boleh dikebiri.Pada peringatan HUT ke 17 Pemko Padangsidimpuan ini Chandra Buana mendapat penghargaan dari Pemerintah Kota Padangsidimpuan yang diserahkan langsung oleh Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution.

Kontributor: Idham
Editor: Gunadi

Share this Article :