Rekomendasi

Karanganyar Berguru Teknologi Informasi Hingga ke Denpasar

Senin, 29 Oktober 2018 : 23.28
Karanganyar Berguru Teknologi Informasi Hingga Ke Denpasar (Iwan Iswanda/hariankota)
DENPASAR - Dinas Komunikasi Dan Informasi (Diskominfo) Karanganyar, selama tiga hari melakukan kunjungan kerja ke Denpasar. Salah satu lokasi kunjungan kerja adalah Diskominfo Denpasar, mulai 24 Oktiber hingga 26 Oktober 2018.

Diskominfo belajar terkait pemanfaatan teknologi dan informatika dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Dipilihnya Diskominfo Kota Denpasar, karena kota ini merupakan salah sat kota yang menerima penghargaan dari Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) sebagai kota paling kreatif memanfaatkan teknologi dan informatika untuk menunjang pelayanan masyarakat, selama tahun berturut-turut.

Kadiskominfo I Dewa Agung, kepada hariankota.com, serta awak media lain yag mengikuti kunjungan kerja tersebut, mengatakan, saat ini hanya dengan menekan akses 112 dan mengunduh di play store sudah bisa ikut layanan sembarang.

Ada 20 layanan mulai PLN, SIM, sampai jalan rusak, air bersih, telepon, dan pelayanan apapun bisa dilaporkan ke nomor akses dan juga layanan lewat media sosial mulai facebook, instagram, tweeter, website Denpasar pro, dan lainnya.

"Kami mengaktifkan semua fasilitas teknologi informatika agar masyarakat dapat dilayani dengan baik. Kita coba fasilitasi dengan menghubungi instansi terkait jika memang ada gangguan. Sehingga masyarakat tahu berapa fasilitas yang dilaporkan akan diselesaikan," katanya.

Dijelaskannya, seluruh layanan yang diberi label Denpasar Pro itu dikendalikan oleh layar lebar yang terdiri dari beberapa layar televisi yang dijajar seperti ATCS (Area Traffict Control System) yang melayani kontrol lalu lintas.

Siaran radio Denpasar Pro FM juga diaktifkan untuk masyarakat yang ada di jalan, agar masyarakat tetap dapat memantau keadaan jalan raya.

“Sistem layanan masyarakat yang demikian itu butuh dana yang besar. Namun itu tidak masalah karena DPRD siap menyetujui berapapun dana yang dibutuhkan. Sebab sudah terbukti nyata hasilnya,” jelasnya.

Dengan system tersebut, Dewa Agung menambahkan, masyarakat cukup puas, terbukti instagram dengan follower 1,5 juta, tweeter dengan pengakses 1,4 juta, medsos facebook engan teman lebih dari 94.000, dan radio dengan penggemar hampir 140.000 orang di jalanan.

“Kami mencoba mewujudkan Denpasar dalam satu genggaman. Sehingga di dalam satu genggaman tangan, semua terlayani demi terciptanya Denpasar yang aman dan tertib,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekdin Kominfo Karanganyar, Agung Cahyo Nugroho mengatakan, Karanganyar sebetulnya bisa mewujudkan semua itu, tinggal memadukan fasilitas yang ada. Command center sudah ada, radio Swiba sudah baik, tinggal mengkomunikasikan ke OPD lain.

“Mudah-mudahamn, kita bisa menerapkan di Karanganyar,” ujarnya.

Penulis: Iwan Iswanda
Editor: Gunadi

Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners