Rekomendasi

Meriah, Karnaval Budaya Satu Dasawarsa JKPI di Solo

Kamis, 25 Oktober 2018 : 22.08
Meriah, Karnaval Budaya Satu Dasawarsa JKPI Di Solo (Foto: Sapto Nugroho/hariankota)
SOLO - Memperingati Satu Dasawarsa Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) yang beranggotakan 50 kota dan kabupaten se Indonesia, ratusan peserta terbagi dalam 36 kontingen dengan menampilkan seni dan budaya khas daerah masing - masing mengikuti karnaval budaya.

Pada kesempatan mengawali jalannya karnaval yang mengambil start dari kawasan Stadion Sriwedari, Kamis (25/10/2018) sore, Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo yang mengenakan kostum tokoh Bima dalam cerita wayang Mahabarata menyampaikan, karnaval budaya JKPI merupakan bagian dari sosialisasi kota pusaka yang ada di Indonesia.

"Nanti setelah acara di Kota Solo ini, masing - masing kepala daerah anggota JKPI yang ikut dalam kongres, punya kewajiban menyampaikan kepada anak - anak sekolah di daerahnya masing - masing tentang apa itu kota pusaka," kata Rudi.

Menurut Rudi, pusaka yang dimaksud dalam hal ini, pengertiannya bukan seperti keris atau benda lainnya. Tapi, konteksnya lebih luas, mencakup seni budaya tradisi warisan nenek moyang.

"Seperti tradisi Galungan di Bali, kemudian ada candi Borobudur, itu semua merupakan pusaka yang wajib dilestarikan," kelasnya.

Pantauan hariankota.com, karnaval yang menempuh jarak sekira 2 kilometer ini, diberangkatkan dari Jalan Bhayangkara tepatnya depan Stadion Sriwedari lantas menyusuri Jalan Slamet Riyadi dan berakhir di halaman Balaikota Solo yang berada di Jalan Jenderal Sudirman.

Antusiasme warga dalam menonton jalannya karnaval terlihat disepanjang rute yang dilalui kontingen peserta karnaval yang diawali marching band dan barisan pasukan pembawa bendera logo masing - masing pemerintah daerah yang menjadi peserta.

Selain penampilan seni dan budaya dari masing - masing daerah anggota JKPI, para kepala daerah tak mau ketinggalan juga menyertai dalam barisan karnaval dengan naik kereta kuda. Salah satunya Bupati Karangasem, Bali, I Gusti Ayu Mas Sumatri.

"Penyelenggaraan peringatan Satu Dasawarsa JKPI di Kota Solo ini sangat luar biasa. Tentu kita berharap JKPI ini memberikan spirit untuk bisa membawa Indonesia menjadi Indonesia yang besar," kata Bupati yang dalam karnaval kali ini membawa rombongan kesenian untuk menampilkan Tari Genjek, salah satu jenis kesenian tradisional yang hingga kini masih dilestarikan di Kabupaten Karangasem.

Di antara serangkaian kegiatan selama tiga hari ini, selain karnaval budaya juga ada simposium, ekspo budaya serta kegiatan yang disebut "Masterclass", yaitu sosialisasi dan apresiasi terhadap kekayaan budaya kepada para siswa sekolah menengah pertama (SMP) yang ada di Kota Solo.

Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Dwi Lestari

Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners