Rekomendasi

Oknum PNS yang Korupsi Dana Kapitasi Tak Ditahan

Senin, 01 Oktober 2018 : 18.58
Published by Hariankota
ilustrasi
MALANG - Salah satu pelaku pemotongan dana kapitasi di Puskesmas Karangploso berinisial K (54) tak ditahan oleh pihak Polda Jawa Timur. Kabid Humas Polda Jawa Timur, Kombes Pol Frans Barung Mangera menyatakan tidak ditahannya pelaku karena yang bersangkutan bersikap kooperatif.

"Barang bukti pun telah kita amankan. Jadi yang bersangkutan tidak mungkin menghilangkan barang bukti karena barang bukti telah di kita," ujar Barung melalui sambungan telepon, Senin sore (1/10/2018).

Ia pun mewanti - wanti PNS lainnya yang mempunyai wewenang jabatan untuk mencairkan uang, tidak mengalihkan dana kapitasi yang telah diatur oleh Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes).

Baca Juga:
Dana kapitasi sebagai dana kompensasi kesehatan yang diberikan kepada pegawai negeri sesuai peraturan menteri. Dana kapitasi tidak ada bunyinydipotong dan diperuntukkan bagi yang lain," terangnya.

Sebelumnya, pada Kamis 27 September 2018 sekitar pukul 15.00 WIB, unit 2 Subdit 3 Tindak Pidana Korupsi (Tipidkor) Direktorat Reserse dan Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jawa Timur melakukan operasi tangkap tangan (OTT) kepada oknum PNS berinisial K yang bekerja sebagai bendahara Puskesmas Karangploso.

K yang merupakan warga Desa Pendem, Kota Batu ini diduga memotong dengan paksa dana kapitasi yang diperuntukan kepada para pegawai puskesmas. Pelaku sendiri diduga telah memotong dana kapitasi sebanyak Rp 198.390.911 dari bulan Januari hingga Agustus 2018.

Penulis: Miadaada
Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More