Rekomendasi

Pasar Legi Solo Terbakar, Walikota Fokus Siapkan Pasar Darurat

Selasa, 30 Oktober 2018 : 03.00
Pasar Legi Solo Terbakar, Walikota Fokus Siapkan Pasar Darurat (Foto: Sapto Nugroho/hariankota)
SOLO - Musibah kebakaran hebat yang melanda Pasar Legi Solo telah meluluhlantakan hampir seluruh kios yang ada. Ribuan pedagang, untuk jangka waktu lama dipastikan tak dapat lagi menjalankan aktivitasnya akibat tempat mereka mengais rejeki, Senin (29/10/2018) malam, ludes dilalap api.

Pantauan hariankota.com, Walikota Solo, FX Rudi Hadyatmo didampingi Kapolresta Solo, Kombes Pol Ribut Hari Wibowo memantau perkembangan upaya pemadaman yang terus dilakukan oleh puluhan mobil damkar dibantu ratusan relawan.

Hingga menjelang pukul 00.00 WIB, kesibukan puluhan mobil damkar dibantu ratusan relawan yang datang dari berbagai elemen masih terus berupaya menjinakkan kobaran api dengan melokalisir agar tak meluas, merembet ke bangunan lain yang berdekatan dengan pasar.

Mensikapi musibah tersebut, Walikota Solo mengaku tengah memikirkan dimana kira - kira para pedagang pasar yang jumlahnya mencapai 1500 lebih ini untuk sementara akan dibuatkan pasar darurat.

"Besuk (Selasa-Red) baru bisa saya putuskan setelah berbicara dengan Pak Bagyo (Kepala Dinas Pengelola Pasar) karena dia yang lebih tahu. Pasar sebesar ini, dengan jumlah pedagang mencapai 1500 tentu butuh lahan yang luas," kata Rudi menjawab pertanyaan awak media.

Pada kesempatan itu, Rudi juga mengungkapkan keprihatinnnya serta meminta agar kejadian musibah terbakarnya pasar sayuran terbesar di Kota Solo ini tidak ada pihak yang ikut bermain mencari keuntungan ditengah penderitaan para pedagang.

"Untuk saat ini, kami fokus mencarikan lahan untuk pasar darurat agar pedagang tetap bisa berjualan. Soal nanti akan dibangun lagi, itu nomor dua. Di pasar ini kan ada dua kelompok pedagang, ada yang pagi dan ada yang malam. Itu yang akan kami data lebih dulu, jangan sampai ada yang nimbrung ikut masuk," tandasnya.

Sementara, Kapolresta Solo, menambahkan, sedikitnya 300 anggota polisi dibantu anggota TNI diterjunkan untuk membantu upaya pemadaman sekaligus pengamanan barang - barang pedagang yang dapat diselamatkan.

Disebutkan Kapolresta, dugaan sementara pemicu kebakaran akibat arus pendek listrik bersumber dari lantai dua ujung barat sebelah utara pasar.

"Untuk jumlah damkar yang terlibat selain dari jajaran wilayah Soloraya, juga ada bantuan dari Salatiga dan Semarang, termasuk bantuan water canon dari Polresta juga kami kerahkan. Kami fokus ke pemadaman dulu, besuk (Selasa -Red) kalau api sudah padam, baru kami lakukan olah TKP," pungkasnya.

Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Jumali

Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners