Rekomendasi

Pemilik Lahan Kaget Saat Tahu Bunga Bangkai Tumbuh

Senin, 29 Oktober 2018 : 14.23
Pemilik Lahan Kaget Saat Tahu Bunga Bangkai Tumbuh (Foto: Idham/hariankota)
PADANGSIDIMPUAN - Pemilik lahan kosong ini terkejut dengan tumbuhnya bunga bangkai dilahannya. Pasalnya pada tiga minggu yang lalu bunga bangkai ini masih kecil dan pemilik lahan menganggapnya hanya bunga biasa yang tumbuh liar.

Rupanya di usia bunga ini pada minggu ketiga, bunga tersebut membesar dan mekar, bau aroma tak sedap pun dikeluarkan bunga tersebut.

"Awalnya kemari, saat kita membersihkan lahan kosong ini,bunga tersebut masih kecil berwarna merah. Karena bunga tersebut kita anggap hanya bunga biasa, takkan mengganggu bila menanam sesuatu dilahan kosong kita ini. Tapi saat kita datang lagi pada minggu ketiga usai membersihkan lahan ini, bunga ini makin besar serta mengeluarkan aroma tak sedap.

Dari situlah kita simpulkan bunga tersebut bunga bangkai dari melihat ciri-ciri yang ada pada bunga tersebut," terang Halid pemilik lahan kosong tersebut saat dia berada dilahan kosongnya Jalan Jamal Ayu Lubis, Kelurahan Sihitang, Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara kepada wartawan, Senin (29/10/2018).

Halid mengaku baru kali ini melihat bunga bangkai dengan mata kepalanya sendiri. Dia juga mengatakan, bunga bangkai yang ada dilahan kosongnya tersebut, belum banyak orang mengetahui keberadaannya.

Bunga bangkai yang ada dilahan Halid ini terlihat bunga bangkainya setinggi 40 cm dengan dia meter bunganya 30 cm. Walaupun bunga tersebut mengeluarkan aroma tak sedap, tapi warna bunganya cukup bagus dengan warna bunga merah marun.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian, Perikanan, Peternakan, dan Kehutanan Ir. Parimpunan Siregar, saat wartawan memperlihatkan foto bunga tersebut, membenarkan, bahwa bunga tersebut adalah bunga bangkai dengan bahasa latin Amorphophallus paeoniifolius, merupakan yang jarang dijumpai dan hanya tumbuh di daerah tertentu yang masuk dalam Amorphophallus, sejenis dengan kerabatnya bunga bangkai raksasa (Amorphophallus titanum).

"Tumbuhan ini tidak sembarangan tumbuhnya,dan hanya di daerah tertentu bisa tumbuh," tuturnya.

Penulis: Idham Halid Siregar

Editor: Baharudin

Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners