Rekomendasi

Pesantren Expo 2018 Ramaikan Hari Santri Nasional di Kota Solo

Jumat, 05 Oktober 2018 : 19.37
Published by Hariankota
Pesantren Expo 2018 Ramaikan Hari Santri Nasional Di Kota Solo (Foto: Sapto Nugroho/hariankota)
SOLO - Gelar pameran akbar buah karya santri se Jawa Tengah /DIY dan daerah sekitarnya yang dikemas dengan tajuk “Santri Mandiri dan NKRI Hebat”, melalui Pesantren Expo 2018, meramaikan Hari Santri Nasional (HSN) yang dipusatkan di Kota Solo.

Beragam produk terdiri, sandang, kuliner dan fashion, mulai Jum'at (5/10/2018) sore, sudah memenuhi berbagai stand yang diisi dari perwakilan Pondok Pesantren (Ponpes), lembaga kementrian terkait, BUMN dan perusahaan swasta pendukung UMKM.

Sesuai jadwal, kegiatan yang dibuka Wakil Walikota Solo, Ahmad Purnomo mewakili Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo ini, akan berlangsung selama 3 hari, Jum'at - Minggu (5-7/10/2018) di kawasan Stadion Sriwedari Solo.

Didampingi Ketua Umum Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI-NU) Abdul Ghofarrozin yang juga Ketua Penyelenggara Pesantren Expo 2018, Wawali Kota Solo mengapresiasi atas dipilihnya Kota Solo sebagai tempat pelaksanaan HSN.

"Kami tentunya sangat senang dan berharap warga Solo bisa ikut hadir meramaikan kegiatan ini. Dengan penyelenggaraan expo ini, saya punya harapan agar santri mampu memunculkan gagasan kreatif dan inovatif," katanya.

(Foto: Sapto Nugroho/hariankota)
Sementara, selaku Ketua Penyelenggara, Abdul Ghofarrozin menyampaikan, kegiatan nasional yang di gelar di kota tempat kelahiran Presiden Joko Widodo ini disebutkannya merupakan event pameran produk pesantren yang baru pertama kali diadakan secara besar-besaran.

Kepada hariankota.com, ia mengatakan, tujuan Pesantren Expo adalah sebagai wadah pengembangan kreativitas para santri dengan menampilkan produk unggulan pesantren, dan menghubungkan pesantren dengan dunia bisnis yang lebih luas.

"Sampai sekarang banyak program kemitraan yang sedang didorong baik oleh pemerintah, BUMN, maupun perusahaan-perusahaan untuk pengembangan pesantren mengingat potensi ekonominya yang besar," jelas pria yang akrab di panggil Gus Rozin ini.

Dengan penyelenggaraan Pesantren Expo, Gus Rozin optimis, pesantren akan menjadi pelaku bisnis yang akan menjadi salah satu pendorong bagi tumbuhnya kegiatan ekonomi pesantren dan masyarakatnya, dan dari sisi industri, akan bisa memenuhi kebutuhan pasar mereka sendiri.

"Semua akan mendapatkan benefit yang strategis dalam kerjasama yang profesional,” tandasnya.

Tak hanya pameran, selama penyelenggaraan, berbagai kegiatan pendukung seperti lomba hadrah antar pesantren, talk show bersama BUMN, dan hiburan musik dengan menampilkan grup musik papan atas tanah air, Gigi dan Wali juga akan dihadirkan.

"Melalui Pesantren Expo ini, kami ingin menyampaikan bahwa pesantren selalu bisa mengikuti perkembangan jaman," pungkasnya.

Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Rahayu

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More