Rekomendasi

Seluruh RT Pasang CCTV, Kelurahan Ini Bakal Wakili Kaltim Dalam Temu Karya Nasional di Bali

Rabu, 10 Oktober 2018 : 19.19
Seluruh RT Pasang CCTV, Kelurahan Ini Bakal Wakili Kaltim Dalam Temu Karya Nasional Di Bali (Foto: Sapto Nugroho/hariankota)
BONTANG - Sebuah program pengawasan lingkungan menggunakan kamera CCTV yang terpasang diseluruh RT di Kelurahan Belimbing, Kota Bontang, Kalimantan Timur (Kaltim) berhasil mengantar jadi yang terbaik dalam lomba desa, kampung dan kelurahan (Lomdeskel) tingkat Provinsi Kaltim 2018 pada Agustus silam.

Alhasil, dari lomba yang disebut sebagai implementasi Permendagri Nomor 81/ Tahun 2005, tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan ini, Kelurahan Belimbing bakal mewakili Kaltim diajang temu karya nasional dan pekan inovasi desa dan kelurahan yang diselenggarakan Kemendagri pada 18-22 Oktober mendatang, di Provinsi Bali.

Hal itu disampaikan Walikota Bontang, Neni Moerniaeni kepada rombongan Pemkab Sukoharjo yang disertai seluruh anggota Komisi I dan IV DPRD Sukoharjo dalam kunjungan kerja (kunker) selama tiga hari di Kaltim, Selasa - Kamis (9-11/10/2018).

"Setiap RT di kelurahan ini telah dipasang minimal 4 CCTV, sedangkan jumlah RTnya sendiri ada 51 dengan minimal setiap RT ada 4 CCTV. Harapannya ketika ada kejadian, dari rekaman CCTV tersebut bisa diputar tidak hanya dari satu CCTV saja,” papar Walikota.

Mengapresisi paparan Walikota Bontang, Heri Purwanto anggota Komisi IV DPRD Sukoharjo yang membidangi pelayanan kesehatan, pendidikan, dan sosial mengatakan, program penggunaan CCTV sangat mungkin bisa diaplikasikan di Sukoharjo khususnya didaerah yang memiliki tingkat kerawan kriminalitas tinggi.

"Tak hanya di lingkungan RT saja, CCTV itu bisa juga dipasang di sekitar tempat pembuangan sampah. Tujuan tentu untuk penegakan perda tentang disiplin warga agar tidak sembarangan membuang sampah," katanya kepada hariakota.com, yang berkesempatan menyertai Kunker, Rabu (10/10/2018).

Sementara, Ketua Komisi IV DPRD Sukoharjo, Wawan Pribadi menyampaikan, tujuan kunker ke Kota Bontang dan dua kota lainnya, Samarinda dan Kutai Kartanegara di Provinsi Kaltim merupakan bagian menggali informasi dalam rangka pembangunan daerah.

"Meski Sukoharjo merupakan kabupaten terkecil kedua di Jawa Tengah, tentu tidak ada salahnya jika kami berkunjung untuk sharing menggali masukan dan informasi," pungkasnya.

Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi

Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners