Rekomendasi

Terlibat Saling Dorong, Massa Bela Kalimat Tauhid Akhirnya Dibubarkan

Minggu, 28 Oktober 2018 : 09.51
Terlibat Saling Dorong, Massa Bela Kalimat Tauhid Akhirnya Dibubarkan (Foto: Miadaada/hariankota)
KOTA MALANG - Aksi bela kalimat tauhid yang digelar di depan masjid Jami' Kota Malang, Minggu sejak 04.30 WIB, terpaksa dibubarkan kepolisian lantaran tak mendapatkan izin. Dari pantauan hariankota.com, massa aksi yang datang berjumlah ribuan sudah berkumpul sejak pukul 02.00 WIB dan berkumpul di Masjid Jami' Malang.

Tak diketahui berasal darimana saja peserta aksi bela kalimat tauhid kali ini. Namun usai shalat subuh, massa aksi yang mayoritas berpakain putih - putih langsung menuju ke kawasan Alun - Alun Kota Malang.

Dengan membawa bendera hitam dan putih bertuliskan kalimat tauhid, topi hitam bertuliskan kalimat tauhid massa bergerak sambil meneriakkan takbir.

(Foto: Miadaada/hariankota)
Namun aksi tersebut berlangsung tak lama karena ratusan aparat kepolisian dan TNI sudah bersiaga sejak pukul 03.00 WIB. Puncaknya ketika memasuki pukul 06.00 WIB, massa aksi bela kalimat tauhid dibubarkan oleh aparat keamanan dan warga Malang.

Sempat terjadi beberapa ketegangan, bahkan seorang berkaos biru sempat terlibat adu dorong dengan salah satu peserta aksi yang berpeci coklat. Puncaknya seorang perempuan yang membawa balon hitam putih sempat direbut beberapa orang laki - laki dan mencoba diletuskan balonnya.

Beruntung aparat kepolisian sigap menghalaunya dan tak terjadi hal - hal yang tidak diinginkan. Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri membenarkan belum memberikan izin aksi tersebut demi alasan keamanan dan ketertiban.

"Belum diizinkan," jawab Asfuri singkat. Namun ia enggan berkomentar lebih lanjut terkait aksi tersebut. Dirinya hanya menekankan keamanan Kota Malang. Di sisi lain, Wali Kota Malang Sutiaji yang juga mengawal jalannya aksi juga enggan berkomentar banyak. "Janganlah mas. Nanti saja nunggu kondusif dulu," jelasnya.

Sepanjang aksi berlangsung hingga pukul 06.40 WIB jalan di sekitar alun - alun sempat ditutup. Polisi pun mengerahkan dua unit mobil penyemprot gas air mata. Hingga pukul 06.45 WIB, ratusan massa aksi masih berangsur - angsur membubarkan diri dari kawasan Alun - Alun Kota Malang.

Penulis: Miadaada
Editor: Gunadi

Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners