Rekomendasi

Terus di Demo Warga, KLH Tunjuk Konsultan Tangani PT RUM

Selasa, 09 Oktober 2018 : 10.30
Terus Di Demo Warga, KLH Tunjuk Konsultan Tangani PT RUM (Foto: Sapto Nugroho/hariankota)
SUKOHARJO - Merespon penolakan warga yang ditunjukan dengan berulangkali menggelar aksi unjuk rasa, Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) mengirim konsultan ahli, Jurit Teguh Prakoso untuk meninjau langsung proses pengolahan limbah PT Rayon Utama Makmur (RUM), baik limbah udara maupun limbah cair.

Seperti disampaikan Sekretaris PT RUM Bintoro Dibyoseputro kepada hariankota.com, Selasa (9/10/2018), dari hasil pengecekan dilapangan proses pemasangan Continuous Emissions Monitoring System (CEMS) atau alat pemantau kualitas udara dari cerobong pembuangan uapan dinilai sudah sesuai harapan.

"Pemaparan hasil peninjauan itu juga disampaikan dihadapan Bapak Djoko, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sukoharjo yang turut hadir mendampingi berkeliling pabrik," terang Bintoro.

Menurutnya, kinerja proses uapan cerobong pabrik PT RUM yang berada di Desa Plesan, Kecamatan Nguter, dalam mengeluarkan emisi 5.6 kilogram H2S per produksi 1 ton serat rayon. Dengan kata lain jauh lebih rendah daripada angka baku mutu 30 kilogram emisi H2S per produksi 1 ton serat.

"Dari paparan hasil peninjauan tersebut, artinya PT RUM sudah semestinya diijinkan jalan lagi karena dalam uji coba operasi, indikatornya menunjukkan jauh di bawah baku mutu," kata Bintoro.

Terus Di Demo Warga, KLH Tunjuk Konsultan Tangani PT RUM (Foto: Sapto Nugroho/hariankota)
Menyinggung masih adanya aksi unjuk rasa yang digelar seperti yang dilakukan, Senin (8/10/2018) kemarin, dimana warga mayoritas kaum perempuan menuntut janji sesuai kesepakatan, jika dalam 5 hari uji coba produksi masih bau maka pabrik akan berhenti sementara.

"Kami dengan tulus menyampaikan keprihatinan yang mendalam selama kami berproses menekan serendah mungkin gangguan aroma udara. Semoga dalam waktu dekat niat baik bersama ini segera tercapai, udara kembali tertata spt semula," pungkasnya.

Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi

Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners