Rekomendasi

Angka Kecelakaan Tinggi, Ditlantas Polda Jateng Bikin Terobosan Program Kampung Tertib Lalu Lintas

Senin, 19 November 2018 : 15.25
Published by Hariankota
Angka Kecelakaan Tinggi, Ditlantas Polda Jateng Bikin Terobosan Program Kampung Tertib Lalu Lintas (Foto: Sapto Nugroho/hariankota)


SUKOHARJO- Berdasarkan data, angka kecelakaan lalu lintas yang disebabkan tidak tertibnya perilaku pengguna jalan saat berkendara di wilayah Polda Jateng terhitung masih cukup tinggi.

Sebagai upaya menekan angka kecelakaan tersebut, sebuah terobosan kreatif berupa program Kampung Tertib Lalu Lintas diluncurkan Ditlantas Polda Jateng untuk diaplikasikan diseluruh jajaran setingkat dibawahnya, salah satunya di Polres Sukoharjo.

Ditemui hariankota.com saat melaksanakan supervisi di Kampung Pulosari RT 03 / RW 04, Kelurahan Gayam, Kecamatan Sukoharjo, Senin (19/11/2018), Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Jateng, Kompol Yunaldi menyampaikan, tujuan program adalah mengedukasi masyarakat agar tertib berlalu lintas.

"Beberapa faktor fatalitas kecelakaan di jalan hingga menyebabkan korban meninggal penyebabnya adalah, anak belum cukup usia berkendara, tak mengenakan helm, melawan arus lalu lintas, di bawah pengaruh miras dan narkoba serta mengebut," ungkapnya.

Menurut Yunaldi, dari tahun ke tahun angka kecelakaan lalu lintas di Jateng mengalami penurunan. Hanya saja, angka penurunan itu tidak signifikan mengingat, pertumbuhan kendaraan belum sebanding dengan jumlah pertumbuhan jalan.

"Selama enam bulan terakhir ini saja, angka kecelakaan lalu lintas di Jateng hampir mendekati 2 ribu kejadian," ungkapnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Sukoharjo AKP Zamroni menambahkan, masyarakat menyambut baik atas pelaksanaan program Kampung Tertib Lalu Lintas ini yang dinyatakan dengan sebuah komitmen bersama tertib berlalu lintas.

"Dengan masyarakat yang tertib berlalu lintas maka mereka bisa menjadi pelopor keselamatan dan tentu angka kecelakaan bisa berkurang," pungkasnya

Jurnalis:Sapto Nugroho
Editor:Jumali 


Share this Article :

Berita Terbaru

Read More