Rekomendasi

Bahas Seluk Beluk Bahasa Melayu, Seminar Internasional Antar Bangsa Undang Rektor UMS

Senin, 26 November 2018 : 14.53
Bahas Seluk Beluk Bahasa Melayu, Seminar Internasional Antar Bangsa Undang Rektor UMS (Foto:Sapto Nugroho/hariankota)

SUKOHARJO - Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Syofan Anif mendapat kehormatan menjadi pembicara (Keynote Speaker) seminar internasional antar bangsa membahas tentang penggunaan bahasa Melayu menjadi bahasa internasional.

Melalui keterangan tertulisnya kepada hariankota.com, Senin (26/11/2018), Anif dalam kesempatan berbicara di forum seminar menyerukan agar bangsa - bangsa pemakai bahasa Melayu meningkatkan kualitas Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) untuk memartabatkan bahasa Melayu.

"Sebelumnya tentu harus ada kesamaan misi bagaimana agar Bahasa Melayu/Indonesia bisa menjadi bahasa internasional, bahasa yang mendunia," kata Anif yang menyebut seminar diselenggarakan di Fatoni University (FTU) Thailand selama dua hari, Sabtu - Minggu (24-25/11/2018) kemaren.

Acara yang bertajuk “Seminar Antarbangsa, Memartabatkan Bahasa Melayu/Indonesia ASEAN” itu menurut Anif sengaja fokus mendiskusikan tentang kekuatan dan seluk beluk bahasa melayu/Indonesia.

"Itu merupakan kegiatan rutin dan kali ini yang keempat. Adapun yang membuka seminar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Malaysia,” ungkapnya.

Dikatakan Anif, Indonesia dan beberapa negara anggota ASEAN memiliki kesamaan misi yakni, bagaimana agar Bahasa Melayu/Indonedia bisa menjadi bahasa internasional.

"Oleh karenanya, sejumlah strategi harus ditempuh agar cita-cita tersebut bisa terealisasi. Dan, salah satu strategi yang penting adalah meningkatkan pengembangan iptek itu," pungkas Rektor yang hadir di seminar membawa serta Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Abdul Ngalim, dan Dekan FKIP, Harun Joko Prayitno.

Jurnalis: Sapto Nugroho
Editor: Rahayu


Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners