Rekomendasi

BMKG Prediksi Puncak Curah Hujan Diperkirakan Terjadi Bulan Januari 2019

Selasa, 27 November 2018 : 19.50
Ilustrasi

KARANGANYAR - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jawa Tengah memperkirakan puncak curah hujan akan terjadi pada bulan januari 2019 mendatang.

Di awal musim penghujan pada bulan November-Desember 2018, hanya terjadi hujan sedang. 

Puncak musim penghujan pada Januari dan pancaroba di pertengahan 2019. Diprediksi akan terjadi cuaca ekstrem dengan hujan intensitas tinggi dan berdurasi panjang serta fenomena alam yang menyertainya, seperti angin puting beliung.

Hal tersebut diungkapkan  Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Jawa Tengah, Iis W Harmoko dalam  Menurut Iis,  Rakor Menghadapi Musim Penghujan di ruang Pondang 1 kantor bupati, Selasa (27/11/2018).

Menurutnya,  fenomena El Nino menyebabkan hujan di wilayah Indonesia kurang dan menjadi salah satu penyebab terjadi kemarau  berkepanjangan di sebagian wilayah  Indonesia.

Dijelaskannya, perairan Indonesia lebih minim hujan atau musim hujan mundur dari biasanya. Secara umum, mundur 10-30 hari.

“ Khusus untuk Jawa Tengah, meskipun sebagian wilayah turun hujan, namun pada waktu tertentu tetap terjadi panas terik. Curah hujan di awal musim penghujan dalam takaran sedang,  antara 100-300 milimeter,” jelasnya.

Dalam kondisi seperti ini, lanjut Iis, akan terjadi berbagai fenomena alam seperti kemunculan awan hitam rendah cumulonimbus di langit Lawu sepekan lalu. Warga di lereng gunung menyaksikan awan pekat itu menyelimuti langit, disertai dengan sambaran kilat.

“ Ini fenomena alam yang wajar. Dengan posisi matahari di sisi selaan, maka Jawa Tengah  terpapar energinya lebih banyak. Biasanya, turun hujan siang sampai sore, namun jarang di malam hari,” ujarnya.

Terpisah, PPK OP I Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) Antonius Suryono mengatakan faktor alami  sangat minim memicu terjadinya banjir di Karanganyar.

Selain sedikit memiliki daerah aliran sungai (DAS) Bengawan Solo, juga tak banyak permukiman di sekitar  bantaran sungai.

Jurnalis: Iwan Iswanda
Editor: Gunadi


Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners