Rekomendasi

BNPT Bantu Mantan Napiter Bom Bali I Buka Usaha Pop Warung

Jumat, 30 November 2018 : 18.15
BNPT Bantu Mantan Napiter Bom Bali I Buka Usaha Pop Warung (Foto: Sapto Nugroho/hariankota)

SUKOHARJO - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT,  melalui Direktur Perlindungan, Brigjen Pol Herwan Chaidir, meresmikan penyerahan sebuah unit usaha mikro ( UKM) Pop Warung kepada mantan narapidana terorisme (napiter) kasus Bom Bali I, Joko Triharmanto di Desa Manang, Kecamatan Grogol, Sukoharjo, Jumat (30/11/2018)

"(bantuan usaha) Tujuan awalnya adalah untuk mengawal ikhwan - ikhwan (panggilan untuk muslim laki- laki) yang selesai menjalani hukuman di Lapas. Mereka harus menjalani kehidupan dari nol," terang Herwan.

Bantuan usaha ini menurut Herwan, merupakan sebuah solusi, dimaksudkan agar mantan napiter ini tidak kehilangan arah, dan tidak kembali disusupi hal negatif.

Diharapkan ketika kembali ke masyarakat mereka sudah memiliki kemampuan. Dengan begitu, setidaknya dengan usaha warung menjadi modal untuk menjalani kehidupan selanjutnya.

”Saya umpakan seperti orang tua dengan anaknya, disaat seorang anak terjatuh ke dalam lumpur, pasti orang tua itu akan mengangkat dan membersihkan badan si anak hingga bersih, begitupun dengan kami,” katanya.

Herwan pun menjelaskan, sebagai awalan, Pop Warung sementara baru menyasar di kawasan Jawa Tengah. Dimana selain di Sukoharjo, ada pula di Solo, Sragen dan Karanganyar.

Sementara, Joko Triharmanto usai acara peresmian mengatakan, warung bantuan BNPT ini merupakan sebuah solusi bagi kelangsungan ekonomi keluarganya setelah sekian lama mencoba membaur ditengah masyarakat.

"Alhamdulillah, melalui Pop Warung ini, ekonomi kami sekeluarga membaik," papar mantan napiter yang disebut merupakan anggota jaringan Noordin M Top dengan peran vital sebagai perakit bom.

Informasi tambahan yang diperoleh hariankota.com, Joko yang akrab disapa dengan panggilan Bang Jack sesuai nama warungnya ini,  oleh Tim Densus Anti Teror ditangkap pada tahun 2004 dan, ia telah bebas sejak tahun 2008 lalu.

Jurnalis: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi


Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners