Rekomendasi

Dalam Hitungan Jam, Pencuri Getah dan Tabung Gas Elpiji Digas Polisi

Jumat, 30 November 2018 : 10.00
Dalam Hitungan Jam, Pencuri Getah dan Tabung Gas Elpiji Digas Polisi

KAMPUNG RAKYAT - Seorang dari dua tersangka pelaku pencurian 4 Bal getah lump kering seberat 100 kilogram dan dua tabung gas elpiji ukuran 3 kilogram di dua lokasi yang berbeda di Desa Tanjung Medan, Kecamatan Kampung Rakyat, Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel), Sumut berhasil digas (diringkus) petugas Unit Reskrim Polsek Kampung Rakyat - Polres Labuhanbatu.

Informasi dihimpun awak media dari Mapolsek Kampung Rakyat, Kamis (29/11/2018) menyebutkan, tersangka yang berhasil ditangkap petugas tersebut berinisial IL alias I (28), warga Dusun Kampung Antara, Desa Tanjung Medan, Kecamatan Kampung Rakyat, Labusel.

Sementara seorang tersangka lainnya, berinisial J (20), penduduk Desa Tanjung Medan, kecamatan yang sama, saat ini masih dalam pengejaran petugas.

Kapolsek Kampung Rakyat, AKP Hitler Sihombing, kepada wartawan  mengatakan, pencurian yang dilakukan kedua tersangka itu terjadi pada Selasa (27/11/2018), sekira pukul 02.00 WIB dinihari.

Peristiwa pencurian tersebut diketahui setelah seorang bernama Johan Untung yang merupakan pekerja di gudang getah milik H. Bangga Lubis di Dusun Aek Gapuk, Desa Tanjung Medan, Kecamatan Kampung Rakyat, Kabupaten Labusel, melalui handphone menghubungi dan melaporkan kepada H Bangga Lubis bahwa satu unit angkong (kereta sorong) yang diletak di teras rumah telah hilang. Tak hanya itu, getah lump kering yang disimpan dalam gudang juga ada yang hilang.

Mendapat laporan tersebut, seketika H Bangga Lubis memerintahkan pekerjanya untuk mencari tahu siapa pelaku yang telah mencuri getah dari gudang miliknya. Namun, pekerja gudang tidak dapat menemukan siapa pelakunya.

Keesokan harinya, Rabu (28/11/2018), saat duduk di sebuah warung kopi di Desa Tanjung Medan, H Bangga Lubis mendapat informasi yang menyebutkan bahwa kedua tersangka, IL alias I dan J, ingin menjual 4 Bal getah lump kering seberat 100 kilogram dan sedang mencari pembeli.

Tanpa membuang waktu lagi, pemilik gudang getah tersebut langsung membuat laporan pengaduan ke Mapolsek Kampung Rakyat di Pekan Tolan. Laporan Polisi (LP) Nomor : LP/100/XI/2018/SU/Res LBH/Sek Kp. Rakyat, tanggal 28 Nopember 2018, atas nama pelapor, H Bangga Lubis.

Selanjutnya, petugas Unit Reskrim Polsek Kampung Rakyat pun melakukan pencarian terhadap kedua tersangka. Hanya beberapa jam saja, petugas langsung dapat meringkus tersangka IL alias I di salah satu lokasi di Desa Tanjung Medan. Sementara tersangka J hingga kini masih dalam pengejaran petugas.

Dari hasil interogasi yang dilakukan oleh petugas, tersangka IL alias I mengakui bahwa dialah yang telah mencuri getah dari gudang milik H Bangga Lubis. Tersangka juga mengaku, dia yang mengambil satu unit angkong dan menyembunyikannya di dalam parit tak jauh dari lokasi gudang getah.

Parahnya lagi, lanjut AKP Hitler Sihombing, sebelum mencuri getah di gudang milik H Bangga Lubis, ternyata kedua tersangka pada hari yang sama telah menyatroni rumah dinas Camat Kampung Rakyat, Ismail Sawito Harahap SH MM, di Jalan Tandan, Desa Tanjung Medan, Kecamatan Kampung Rakyat, Labusel.

Kedua tersangka masuk ke dalam rumah dinas Camat, melalui jendela belakang rumah, dengan terlebih dulu merusak jerejak jendela yang terbuat dari kayu.

Kemudian setelah di dalam rumah, kedua tersangka tidak menemukan barang berharga yang bisa diambil. Karena tidak ada barang berharga yang bisa dicuri, akhirnya kedua tersangka mencabut selang gas elpiji yang terhubung dengan kompor gas, lalu mengambil tabungnya berikut satu tabung gas lain yang sudah kosong. Selanjutnya kedua tersangka menyembunyikan dua tabung gas tersebut di areal kebun sawit masyarakat.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya dan proses hukum lebih lanjut, saat ini tersangka IL alias I harus mendekam di sel tahanan Mapolsek Kampung Rakyat di Pekan Tolan.

Barang bukti yang turut diamankan petugas adalah, satu unit angkong (kereta sorong) warna merah, 4 Bal getah lump kering seberat 100 kilogram yang dimasukkan ke dalam goni (karung) plastik dan 2 tabung gas elpiji berwarna hijau ukuran 3 kilogram.


Jurnalis: Habibi
Editor: Gunadi


Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners