Rekomendasi

Duuhh! Puluhan Tahun Warga Batunadua Jae Mandi Pakai Air Tak Bersih

Selasa, 06 November 2018 : 14.53
Duuhh! Puluhan Tahun Warga Batunadua Jae Mandi Pakai Air Tak Bersih (Foto: Idham/hariankota)
PADANGSIDIMPUAN - Ada pemandangan menyedihkan bila berkunjung ke Lingkungan II, Kelurahan Batunadua jae, Kecamatan Batunadua, Kota Padangsidimpuan. Dimana warga di lingkungan ini, harus mandi di MCK umum yang boleh di bilang sangat tidak layak pakai.

Untuk keperluan mandi dan mencuci warga pun harus rela menahan gatal dan bau, akibat air yang dipergunakan warga ini kotor dan bercampur sampah. Diakui warga, air yang di tampung di bak penampung, sumber airnya berasal dari bekas limbah rumah tangga yang mengalir di paret yang membelah perkampungan mereka.

Pantauan bak penampung air terlihat jauh dari kata layak. Bahkan bisa di katakan kotor sekali, airnya kotor dan berlumut. Sampahpun mengapung. Sehingga untuk di gunakan warga jadinya kurang layak pakai.

Sungguh ironi, ditengah Program Pemerintah Kota Tanpa Kumuh, namun Program tersebut seolah tak menyentuh lingkungan mereka.

"Seingat saya MCK Ini di bangun dari dana pembangunan desa. Itupun sewaktu daerah Kota Padangsidimpuan belum pemekaran dari Kabupaten Tapanuli Selatan. Dan sejak itu tidak pernah ada perbaikan lagi," tutur Nurani Daulay, warga setempat kepada Wartawan, Selasa (06/11/2018).

Menurutnya, ada ratusan kepala keluarga yang menggunakan MCK tersebut. Meski mereka juga mengaku enggan menggunakannya namun terpaksa karna tak ada tempat lain lagi.

"Sebenarnya kami juga enggan menggunakan MCK ini yang bisa kita lihat sendiri, namun karena tak ada tempat lain lagi, mau tidak mau terpaksa kami gunakan," katanya. Dia juga berharap pihak pemerintah melihat dan bisa mengatasi keluhan mereka selama ini.

"MCK ini salah satu keluhan kami dan kami berharap agar pihak Pemerintah Kota Padangsidimpuan bisa secepatnya mengatasinya dan berharap segera di perbaiki," harapnya.

Kontributor: Idham Halid Siregar
Editor: Burhanuddin

Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners