Rekomendasi

Duuhh! Curi Tiga Batang Kayu, Petani Paruh Abad Terancam 5 Tahun Penjara

Kamis, 01 November 2018 : 20.30
Ilustrasi
MALANG - Akibat mencuri tiga batang kayu Sono seorang petani bernama Buamin, (53) asal Dusun Judeg, Desa Sumberrejo, Kec Pagak, Kabupaten Malang terpaksa berurusan dengan kepolisian.

Pria paruh abad ini kepergok mencuri tiga buah batang kayu Sono di kawasan hutan petak 4 KRPH Senguruh Desa Tlogorejo, Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang.

Kassubag Humas Polres Malang Ipda Eka Yuliandri Aska mengatakan tersangka ditangkap berkat laporan seorang petugas RPH Sengguruh, Sarbini Hadi Saputro yang melaporkan kerap terjadi pencurian kayu jenis sono kembang.

Dari laporan tersebut, Polres Malang dan Perhutani RPH Sengguruh melakukan patroli bersama di kawasan hutan yang diduga kerap terjadi pencurian kayu.

Benar saja, tim akhirnya mengamankan pelaku dengan barang bukti tiga gelondong kayu sono tengah diangkut oleh Buamin dengan menggunakan sepeda motor Yamaha Vega tanpa plat nomor.

"Pelaku langsung kita amankan sebagai shock terapi bagi pelaku - pelaku lain mengingat kerusakan atau pencurian kayu sono keling RPH Sengguruh sudah cukup luas dan mengkhawatirkan," ujar Ipda Eka Yuliandri Aska, saat dihubungi hariankota.com, Kamis (1/11/2018).

Akibat perbuatan pelaku Perhutani RPH Sengguruh mengalami kerugian total Rp.10.237.000 dari tiga batang kayu dengan panjang 60-210 cm, diameter 15-25 cm.

"Sepeda motor pelaku dan barang bukti kayu curian sudah kita amankan," terangnya. Petani ini terancam dijerat dengan pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman maksimal penjara 5 tahun kurungan.

Namun meski terancam hukuman penjara pelaku beruntung kepolisian hanya mengenakan wajib lapor kepadanya karena dianggap baru pertama kali melakukan aksinya dan tulang punggung keluarga.

Penulis: Miadaada
Editor: Gunadi

Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners