Rekomendasi

Kampanye Pileg, Bawaslu Terima Satu Laporan Keterlibatan Kepala Desa Dalam Kampanye

Sabtu, 03 November 2018 : 15.46
Kampanye Pileg, Bawaslu Terima Satu Laporan Keterlibatan Kepala Desa Dalam Kampanye (Foto: Iwan Iswanda/hariankota)
KARANGANYAR - Memasuki bulan kedua masa kampanye pemilihan anggota legislatif (Pileg) dan pemiihan presiden (Pilpres), Badan pengawas pemilihan umum (Bawaslu) Karanganyar baru menerima satu laporan pengaduan keterlibatan salah satu perangkat desa yang diduga mendukung alah satu calon anggota legislatif.

Komisioner divisi organisasi dan sumber daya manusia Bawaslu Karanganyar, Sudarsono,kepada hariankota.com, Sabtu (03/11/2018) mengatakan, dugaan keterlibatan salah satu kepala desa di kecamatan Matesih tersebut, terjadi ketika salah satu calon anggota legislatif salah satu partai politik besar di Karanganyar menghadiri salah satu pertemuan warga.

“Memang betul ada laporan dari masyarakat terkait pertemuan warga yang dihadiri peserta kampanye, dalam hal ini salah satu calon anggota legislatiif dan orang tuanya, yang kebetulan kepala desa di salah satu desa di Matesih,” kata Sudarsono, Sabtu (03/11/2018).

Berdasarkan laporan tersebut, menurut Sudarsono, Bawaslu telah melakukan investigasi ke lapangan, dan memanggil para pihak, baik pelapor maupun terlapor untuk dilakukan klarifikasi. Bawaslu, lanjut Sudarsono, berdasarkan hasil pertemuan dengan tim Gakkumdu, juga telah meminta keterangan saksi tambahan.

Dijelaskannya, berdasarkan pasal 280 ayat 2 UU No 7 Tahun 2017 tentang pemilihan umum, secara tegas dinyyatakan, bahwa kampanye pemilihan umum dilarang mengikutsertakan kepala desa, perangkat desa, anggota badan permusyawaratan desa, baik sebagai peserta, pelaksana maupun tim kampanye.

“Laporan ini masih kami tangani dan segera diptuskan dalam rapat Gakkumdu. Kami belum bisa menentukan bersalah atau tidak. Tapi jika terbukti, maka dapat dikenakan ancaman pidana paling lama satu tahun penjara,” jelasnya.

Ketika disinggung dari partai mana calon anggota legislatif yang dilaporkan tersebut, Sudarsono enggan menyebutkan. “Soal nama, nanti saja. Yang jelas dari salah satu partai besar,” elaknya.

Penulis: Iwan Iswanda
Editor: Bagya Komang

Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners