Rekomendasi

Kasus HIV AIDS Di Sukoharjo Meningkat, KPA Dan PKK Galakkan Kampanye Triple Eliminasi

Minggu, 25 November 2018 : 17.30
SUKOHARJO – Angka temuan kasus HIV/AIDS di Kabupaten Sukoharjo mengalami peningkatan. Dari sebanyak 457 kasus di tahun 2017, tahun ini (2018) menjadi 506 kasus dengan angka kumulatif kematian sebanyak 72 ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS).

Angka tersebut di ketahui hariankota.com dari data yang dirilis Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Sukoharjo saat menggelar Peringatan Hari AIDS Sedunia di Gedung Pusat Promosi Potensi Daerah (PPPD) Sukoharjo, Minggu (25/11/2018).
  
Penyakit yang disebabkan virus akibat rendahnya kesadaran masyarakat tentang pola hidup sehat ini, berdasarkan analisa epidemiologis nasional diprediksi kasus HIV/AIDS adalah fenomena gunung es. Dimana kasus di lapangan lebih besar dari data yang dihimpun.

"Yang lebih memprihatinkan lagi, tahun ini di Sukoharjo terdeteksi lima ibu hamil mengidap HIV. Ini tentunya merupakan ancaman bagi generasi penerus yang harus segera dilakukan penanganan," ungkap Yunia Wahdiyati dari KPA Sukoharjo sekaligus Ketua I Peringatan Hari AIDS Sedunia Kabupaten Sukoharjo.

Sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat, KPA Sukoharjo berintegrasi melalui program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) bekerja sama dengan tim Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) gencar melakukan sosialisasi Pencegahan Penularan HIV/AIDS dari Ibu ke Anak (PPIA) dan Triple Eliminasi yang merupakan kebijakan nasional.

"Triple eliminasi sasaran utamanya adalah ibu hamil, mencakup eliminasi terhadap penularan IMS, HIV/AIDS dan Hepatitias B," terang Yunia.

Sementara, Wakil Bupati Sukoharjo, Purwadi yang hadir membuka acara menyebutkan, pelaksanaan program penanggulangan HIV/AIDS di Sukoharjo telah menunjukan capaian keberhasilan yang menggembirakan.

"Namun begitu, upaya kemitraan strategis dengan semua pihat terkait untuk dapat memastikan penanggulangan berjalan dengan lebih intensif, terpadu, menyeluruh dan saling mendukung tentu wajib ditingkatkan,” himbaunya.

Dalam acara yang diikuti ratusan peserta dari berbagai elemen terkait ini, panitia sengaja mengemas dengan konsep talk show menghadirkan dua narasumber yakni, Ketua PKK Kabupaten Sukoharjo, Etty Wardoyo dan Dokter ahli dari Rumah Sakit Dr Karyadi Semarang, Muchlis Achsan.

Jurnalis: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi

Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners