Rekomendasi

KPU Karanganyar Terima Ribuan Logistik Pemilu 2019

Jumat, 16 November 2018 : 14.24
Ribuan logistik pemilu tiba di karanganKar (Foto: Iwan Iswanda/hariankota)
KARANGANYAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar menerima pendistribusian kotak dan bilik suara yang akan digunakan dalam pemilihan legislatf (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres) yang akan digelar bersamaan pada bulan April 2019 mendatang. Distribusi kotak dan bilik suara ini, datang secara bertahap, dengan tiga kali pengiriman.

Pengiriman tahap pertama tanggal 9 Nopember 2018 lalu sebanyak 3.935 bilik suara dan 600 kotak suara dan pengiriman tahap kedua, tanggal 15 Nopember 2018, diterima 2 truk kontainer yang berisi 2.170 dan 3.060 kotak suara.

Pengiriman ketiga, pada tanggal 16 Nopember 2018 dan sampai saat ini masih dalam proses penghitungan. Hal tersebut dikatakan Komisioner Bawaslu Divisi Hukum, data dan Informasi, Ikhsan Nur Isfiyanto.

Menurut Ikhsan, Pada tahapan distribusi logistik ini, Bawaslu akan selalu mengawasi semua tahapan, baik proses penerimaan, penyimpanan di gudang maupun pendistribusian logistik ke PPK.

"Dalam proses penerimaan, kami minta kepada KPU untuk memastikan jumlah yang diterima sesuai dengan kebutuhan nanti. Jika jumlah yang diterima tidak sesuai, maka akan mengganggu proses penyelenggaraan Pemilu 2019," kata Ikhsan.

Ditegaskan Ikhsan, KPU harus menjaga logistik sebaik-baiknya sesuai standar yang telah ditetapkan oleh KPU. Mengingat bilik suara dan kotak suara yang terbuat dari kardus, sehingga perlu perlakuan ekstra.

Komisioner KPU Divisi SDM dan partisipasi masyarakat, Budi Sukramto, kepada hariankota.com, mengatakan, dalam pileg dan pilpres mendatang, di Karanganyar terdapat 3.149 TPS, masing-masing tempat pemungutan suara (TPS) ditempatkan 5 kotak suara.

Total kebutuhan untuk kotak suara 15.745. sedangkan untuk bilik suara, dimana masing-masing TPS ada 4 bilik suara, maka total bilik suara yang dibutuhkan sebanyak 12.596.

“Logistik berupa kota suara dan bilik suara sudah kita terima mas. Untuk tahap pertama dan kedua sudah kita hitung, dan untuk tahap ketiga, masih dalam proses penghitugan. Seluruh kotak suara dan bilik suara ini, kami titipkan di gudang PKPRI,” kata Budi, Jumat (16/11/2018).

Budi menambahkan, bilik suara dan kotak suara tersebut, selanjutnya akan didistribusikan ke PPK pada tanggal 16 pril 2019 mendatang.

Penulis: Iwan Iswanda
Editor: Bagya Komang

Bagikan :

Video Amatir Hujan Deras Pemukiman Warga di Lereng Candi Cetho Terkena Limpahan Air

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Read More

Our Partners