Rekomendasi

KPU Karanganyar Tetapkan DPT Hasil Perbaikan Tahap II, Terjadi Penambahan Jumlah Pemilih

Selasa, 13 November 2018 : 19.30
Published by Hariankota
KPU Karanganyar Tetapkan DPT Hasil Perbaikan Tahap II,Terjadi Penambahan Jumlah Pemilih (Foto: Iwan Iswanda/hariankota)
KARANGANYAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar, menetapakan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) hasil perbaikan tahap kedua untuk pemilihan umum tahun 2019 sejumlah 695.611.

Terjadi penambahan sebanyak 11.000 pemilih baru jika dibandingkan dengan pemilihan kepala daearah (Pilkada) lalu.

Komisioner KPU Karanganyar divisi SDM dan partisipasi masyarakat, Budi Sukramto, kepada hariankota.com, mengatakan, sesuai dengan dinamika data pemilih, DPT sudah ditetapkan pada bulan Agustus tahun 2018 lalu.

Namun atas rekomendasi Bawaslu, DPT harus dimutakhirkan kembali. Hasil proses validasi dan pemutakhiran data yang direkomendasikan oleh Bawaslu tersebut, lanjut Budi, kemudian ditetapkan jumllah DPT untuk pemilihan umum.

“Proses validasi dan pemutakhiran data ini, kami lakukan selama enam puluh hari dan hasilnya kita tetapkan dalam rapat pleno KPU,” kata Budi, Selasa (13/11/2018).

Sementara itu, komisioner Bawaslu, Sri Handoko Budi Raharjo mengatakan, sebelum ditetapkannya DPT hasil perbaikan tahap ke dua ini, terjadi permasalahan, yakni dengan adanya tambahan pemilih dari Kemendagri sebanyak 63 ribu orang.

Setelah dilakaukan verifikasi dan pendataan ulang, ditemukan hanya ada tambahan pemilih sebanyak 13 ribu orang. Demikian halnya dengan NIK ganda. Berdasarkan hasil pendataan dan verifikasi ulang, lanjutnya, seluruh persoalan DPT di Karanganyar telah selesai.

"Secara keseluruhan, persoalan DPT di Karanganayar telah selesai. Meski demikian, kita masih terus melakukan pemantauan,” ujarnya.

Penulis: Iwan Iswanda
Editor: Bagya Komang

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More