Rekomendasi

Murid Keroyok Guru Tua Dikendal Viral di Medsos, Ternyata Ini Fakta Sesungguhnya

Senin, 12 November 2018 : 08.31
Published by Hariankota
Murid Keroyok Guru Tua Dikenal Viral di Medsos, Ternyata Ini Fakta Sesungguhnya
SEMARANG - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jateng, Gatot Bambang Hastowo merasa kecewa beredarnya video kekerasan yang dilakukan murid terhadap gurunya yang sudah tua.

Beredarnya video yang dduga dilakukan siswa SMK Nahdlatul Ulama (NU) 3 Kabupaten Kendal, dan menjadi viral di media sosial itu ikut mencoreng wajah dunia pendidikan di Provinsi Jawa Tengah.

Apalagi, setelah pihaknya melakukan konfirmasi terhadap pihak SMK, pihak Kepala Sekolah mengatakan bila tayangan itu hanyalah sekedar guyonan berlaka.

“Walau pun sekadar bercanda, tapi apa yang dilakukan siswa dan guru itu tidak bagus. Kami sudah peringati sekolahnya. Tapi, karena itu merupakan sekolah milik yayasan (swasta), kewenangan kami cuma sebatas memperingatkan. Kalau negeri, sudah pasti kami beri tindakan,” ujar Gatot seperti pada wartawan, Senin (12/11/2018).

Menurut Gatot, memang dalam mengajar di kelas, seorang guru memang harus menggunakan metode 4 M, yakni Menyenangkan, Mengasyikan, Mencerdaskan, dan Menguatkan.

Namun, guru harus tetap menjaga perilaku saling menghormati dan tidak sembrono. Perilaku bercanda tidak boleh kelewatan batas, bahkan hingga viral di dunia maya dan memberikan kehebohan.

“Kalau itu bercanda, berarti gurunya sembrono. Memang guru enggak salah, memberikan sikap yang akrab dengan siswa. Tapi, ya ada batasnya,” imbuh Gatot. Aksi yang sempat terekam dalam video berdurasi 24 detik dan sempat menjadi viral di media sosial, terutama Instagram.

Penulis:Nugi Hartono
Editor: Rahayu

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More