Rekomendasi

Peringati Hari AIDS, Legislator Ini Bawa Superhero Hibur ADHA

Jumat, 30 November 2018 : 23.48
SOLO - Kecerian seketika muncul menyambut kedatangan dua sosok superhero, Gatorkaca dan Superman yang menyertai anggota DPR RI Muhammad Thoha di rumah singgah Yayasan Lentera Solo. Tempat bernaung Anak Dengan HIV/ AIDS (ADHA) yang terlantar tanpa ada keluarga yang mau mengakuinya.

Sekilas puluhan anak - anak ini tak nampak adanya perbedaan dengan anak - anak pada umumnya. Mereka terlihat gembira saat diajak bercengkerama, dan bermain bersama.

Hanya satu hal yang membuat pilu. Puluhan anak - anak ini, mulai ada yang bayi umur 8 bulan hingga umur 12 tahun,  hidupnya ditelantarkan keluarga. Bahkan dijauhi masyarakat yang takut tertular lantaran tidak paham tentang penyakit mereka.

Sebut saja salah satunya, Melati (8). Seperti anak pada umumnya, di usia seperti saat ini, ia membutuhkan ruang bermain dan kasih sayang dari orang tua. Namun itu menjadi sesuatu yang sulit ia dapatkan mengingat derita penyakit yang disandangnya.

Hidupnya sangat bergantung dengan obat - obatan yang harus di konsumsi setiap hari. Satu rutinitas yang tak ia pahami, kenapa bisa berbeda dengan anak - anak sebayanya.

”Sehari mereka harus minum obat dua kali. Selain itu kami suplai dengan makanan yang mengandung vitamin,” ungkap Puger Mulyono pendiri Yayasan Lentera Solo kepada hariankota.com, Jumat (30/11/2018) sore.

Dituturkan Puger, semula sebelum menempati rumah singgah bantuan Pemkot Solo, Kemensos RI dan CSR sebuah perusahaan nasional ini, ia dalam mengasuh 30 ADHA ini mengontrak rumah, dan kesemuanya berakhir dengan protes warga.

Pria yang kesehariannya mengaku hanya sebagai juru parkir ini, setidaknya bersama dengan anak - anak asuhannya sudah berpindah tempat kontrakan sebanyak 3 kali.

"Banyak yang tidak mau bertetangga dengan anak - anak penderita HIV/AIDS. Setiap kontrak rumah habis tidak bisa diperpanjang lagi karena diprotes warga. Mereka takut anak - anaknya tertular. Ini semua karena minimnya pengetahuan," ujarnya.

Sementara, Mohammad Toha yang merupakan anggota DPR RI Komisi III dari Fraksi PKB, pada kesempatan itu mengungkapkan apresiasinya kepada Puger dan beberapa rekan - rekannya, yang dinilainya sosok langka, yang rela mengorbankan waktunya menjadi relawan merawat ADHA.

Dalam kunjungan ini, selain dalam rangka memperingati Hari AIDS sedunia, Toha juga memberikan bantuan kepada Yayasan Lentera guna meringankan beban merawat ADHA ditempat tersebut.

“Ini merupakan kegiatan rutin saya berupa keyatiman,  memberikan bantusn bagi anak yatim atau yatim- piatu. Makanya kami pindah di sini,” terangnya.

Toha berharap kepada siapapun untuk ikut membantu ADHA yang nyata - nyata sangat memprihatinkan kondisinya.. Ia tak menampik jika keberadaan anak - anak terlantar menjadi tanggung jawab negara

"Namun tak ada salahnya jika masyarakat yang memiliki rasa kepedulian untuk ikut membantu mereka," pungkasnya

Jurnalis: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi


Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners