Rekomendasi

Perserta CPNS Asal Karanganyar Berguguran, Bupati Desak Kemenpan Turunkan Passing Grade

Senin, 12 November 2018 : 20.23
Published by Hariankota
Perserta CPNS Asal Karanganyar Berguguran, Bupati Desak Kemenpan Turunkan Passing Grade
KARANGANYAR - Pemkab Karanganyar meminta kepada pemerintah pusat untuk tidak menggunakan ssitem penilaian per item, sebagaimana yang diberlakukan dalam test tahap pertama. Jika tetap menggunakan sistem penilaian per item, maka bisa dipastikan, ujian tahap kedua banyak peserta tahap pertama yang lolos, namun gagal di tahap kedua.

Hal tersebut dikatakan Sekda Karanganyar, Samsi kepada hariankota.com serta awak media lain, menyikapi banyak peserta test CPNS yang berasal dai berbagai daearah di Solo Raya yang tidak lolos seleksi tahap pertama.

Khusus dari Karanganyar, menurut Samsi, berdasarkan hasil rekapitulasi BKPSDM, dari 5000 pendaftar, yang lulus tahap kedua hanya berkisar 200 orang. Padahal, lanjut Samsi, Pemkab Karanganyar membuka lowongan CPNS untuk 340 formasi.

"Kami mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk tidak menggunakan system penilaian seperti seleksi tahap pertama. Lebih baik kalau passing grade yang ada, adalah total dari nilai yang dicapai, tinggal dirangking diambil yang lolos," kata Samsi, Senin (12/11/2018).

Sementara itu Kepala Badan Pengembangan SDM Karanganyar Siswanto mengatakan, pelaksanaan tes CPNS saat ini secara keseluruhan berjalan tertib dan lancar. Aad sekitar 4.000-an yang mengikuti tes untuk Karanganyar.

"Kita hanya melaporkan berapa yang mengikuti hari ini, dan seterusnya kepada pimpinan. Itupun sebagai laporan saja. Untuk berapa yang lolos passing grade tes, semuanya ada dalam laporan tersebut," terangnya.

Disisi lain, Bupati Karanganyar, Juliyatmono mendesak , Kemenpan agar melakukan evaluasi soal aturan penerimaan CPNS tersebut. Jika masih menggunakan passing grade per item dengan nilai yang tinggi, maka pesereta yang lulus sedikit dan formasi yang ada di masing-masing kabupaten/kota tidak akan terisi sepenuhnya.

"Bisa passing grade nya yang diturunkan atau cukup nilai komulatif saja. Saya hanya bisa mengusulkan, tapi itu sepenuhnya kewenangan Kemenpan," ujarnya.

Penulis: Iwan Iswanda
Editor: Rahayu

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More