Rekomendasi

PPD Karanganyar Lakukan Verifikasi NIK, Ditemukan Ratusan NIK Ganda

Selasa, 06 November 2018 : 23.17
Ilustrasi
KARANGANYAR - Pengawas Pemilu Desa/Kelurahan (PPD/Kel) se-Kabupaten Karanganyar, melakukan verifikasi pemilih secara serentak Dan mendatangi langsung rumah warga. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi pemilih ganda NIK, sebelum ditetapkan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) tahap 2.

Anggota Badan pengawas pemilihan umum (Bawaslu) Karanganyar, Sri Handoko Budi Raharjo, kepada hariankota.com, menjelaskan, pada tahapan penyempurnaan DPTHP tahap 2 ini, dilakukan dengan menyandingkan daftar pemilih dengan perangkat lunak untuk mengidentifikasi NIK yang bermasalah.

Menurut Sri Handoko, pengecekan daftar pemilih secara langsung ke rumah warga ini penting dilakukan untuk memastikan daftar tersebut benar-benar valid saat ditetapkan oleh KPU. Dari hasil verifikasi yang dilakukan, Sri Handoko mengungkapkan, ditemukan 814 pemilih terindikasi ganda identik dan NIK yang digunakan oleh beberapa orang.

"Hasil sementara verifikasi tersebut diantaranya adalah terdapat pemilih yang sesuai, namun terdapat kesalahan administrasi. Kemudian terdapat pemilih yang tidak dapat diketahui keberadaannya," kata Sri Handoko, Selasa (06/11/2018).

"Bawaslu tidak menginginkan dalam Daftar Pemilih tersebut terjadi pemilih bermasalah dikemudian hari. Diantaranya adalah pemilih ganda, pemilih belum 17 tahun dan permasalahan daftar pemilih lainnya. Atas temuan ini, kita segera melakukan komunikasi dengan Komisi Pemilhan Umum,” imbuhnya.

Atas temuan ini, lanjut Sri Handoko, Bawaslu selanjutnya akan menyampaikan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar. "Hasil temuan ini, segera kita sampaikan ke KPU untuk dilakukan perbaikan,” ujarnya.

Penulis: Iwan Iswanda
Editor: Bagya Komang

Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners