Rekomendasi

Presiden Jokowi : Jangan Ragukan Komitmen Saya Majukan UMKM

Rabu, 28 November 2018 : 15.32
Presiden Jokowi : Jangan Ragukan Komitmen Saya Majukan UMKM (Foto: Sapto Nugroho/hariankota)

SOLO - Presiden Joko Widodo menegaskan komitmen pemerintah untuk berpihak kepada 62 juta Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di  Indonesia.

Hal itu disampaikan Jokowi saat menutup acara Rapat Pimpinan Nasional Kamar Dagang Indonesia (Rapimnas Kadin) di Hotel Alila, Solo, Rabu (28/11/2018)

"(Untuk itu), saya telah melakukan penurunan bunga kredit KUR ( Kredit Untuk Rakyat) dari 23 persen menjadi 7 persen. Juga pajak penghasilan, PPh final, yang dulunya 1 persen sekarang menjadi 1/2 persen, sejak Juni lalu," kata Jokowi yang langsung disambut aplaus peserta Rapimnas Kadin.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga menyinggung soal paket kebijakan ekonomi nomor 16, diantaranya tentang relaksasi Daftar Negatif Investasi (DNI) yang mengundang keberatan dari Kadin dan HIPMI.

"Jadi, Pepresnya itu belum saya tanda tangani. Nanti kalau sudah sampai ke meja saya, saya pastikan relaksasi DNI akan saya coret, saya keluarkan (batalkan- Red). Jadi jangan ragukan komimen saya untuk UMKM,”  tandas Presiden.

Presiden juga mengatakan, saat ini diperlukan koordinasi dan konsolidasi yang kuat antara otoritas fiskal,  moneter dan dunia usaha dalam menghadapi kondisi perekonomian global yang tidak menentu. 

"Dengan situasi global tak menentu, adanya perang dagang AS-China, kenaikan suku bunga, krisis Argentina, Turki, menurut saya perlu konsolidasi dan koordinasi kuat antara moneter, fiskal dan dunia usaha," kata Kepala Negara.

Menurutnya, kondisi ekonomi saat ini dimana telah memasuki era revolusi industri 4.0, bukan lagi negara besar mengalahkan negara kecil, tapi yang menang adalah negara yang cepat merespon perkembangan mengalahkan negara yang lambat.

"Inilah fakta yang harus disampaikan dan harus kita kejar," tegas Jokowi

Pantauan hariankota.com, dalam acara penutupan Rapimnas Kadin ini,  tampak hadir dua menteri yakni,  Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, dan Menteri Pertanian Amran Sulaeman. Selain itu Ketua DPR RI, Bambang Susatyo juga terlihat hadir menyertai kedatangan Presiden setelah meresmikan ruas jalan tol Sragen – Ngawi.

Jurnalis: Sapto Nugroho
Editor: Rahayu


Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners