Rekomendasi

Puncak HUT Korpri Ke 47, Satpol PP Sukoharjo Musnahkan Ribuan Liter Mihol Dan Rokok Ilegal

Jumat, 30 November 2018 : 22.32
SUKOHARJO - Pemusnahan ribuan liter minuman beralkohol (mihol) dan rokok ilegal hasil operasi Satpol PP Suloharjo mewarnai puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Korpri ke 47  yang digelar di halaman Setda Kabupaten Sukoharjo.

Pantauan hariankota.com, ratusan botol berisi mihol tersebut dimusnahkan dengan cara digilas Stoom Wheels. Sedangkan untuk rokok ilegal dibakar dalam wadah drum.

"Barang bukti (BB) yang kami musnahkan hari ini merupakan hasil giat operasi Satpol PP selama kurun waktu 11 bulan dalam tahun ini," terang Heru Indarjo Kepala Satpol PP Sukoharjo disela acara pemusnahan

Dijelaskan Heru, jumlah BB yang dimusnahkan terdiri, 1.377 botol mihol berbagai merk mulai, yang berkadar alkohol rendah, hingga mihol oplosan dengan kadar alkohol tinggi, dan ditambah 6 jerigen dengan tiap jerigennya berisi 40 liter ciu (sejenis mihol tradisional)

"Untuk rokok yang kami musnahkan ada berbagai merk. Dimana diperjualbelikan tanpa ada pita cukai yang sah. Jumlahnya sebanyak 300 bungkus," imbuh Heru.

Pada kesempatan itu, Heru juga mengatakan dibandingkan dengan hasil operasi tahun 2017 lalu, secara kwantitatif disebutkan ada penurunan jumlah peredaran mihol di Sukoharjo. Hal ini membuktikan masyarakat mulai sadar akan resikonya jika terjaring operasi penertiban.

"BB yang kami musnahkan ini sudah berkekuatan hukum tetap. Oleh pengadilan, para pelaku, baik penjual maupun pengoplosnya sudah dijatuhi hukuman. Ada yang berupa denda uang, juga ada yang pidana kurungan selama 3 bulan," terangnya

Menurut Heru, selama ini setiap 3 bulan pihaknya selalu menggelar operasi gabungan rutin untuk menekan angka peredaran mihol dengan sasaran tempat - tempat hiburan malam, seperti cafe dan karaoke.

"Berbeda dengan wilayah lain, di Sukoharjo sendiri, kami punya aturan meski yang dijual hanya bir berkadar alkohol rendah, namun kalau tidak mempunyai ijin khusus, ya kami tertibkan," pungkasnya

Jurnalis: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi


Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners