Rekomendasi

Sasar Pasar Tradisional, KPU Gelar Sosialisasi Pemilu 2019

Senin, 12 November 2018 : 14.55
Published by Hariankota
Sasar Pasar Tradisional, KPU Gelar Sosialisasi Pemilu 2019 (Foto: Sapto Nugroho/hariankota)
SUKOHARJO - Sejumlah pedagang, pengayuh becak, dan pengunjung pasar tradisional Ir Soekarno Kabupaten Sukoharjo mendapat sosialisasi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo, tentang Pemilihan Umum (Pemilu) serentak, Presiden dan Wakilnya (Pilpres) serta pemilihan anggota legislatif (Pileg) 2019 mendatang.

Komisioner KPU, Suci Handayani, kepada hariankota.com, disela kegiatan, Senin (12/11/2018) menyampaikan, kegiatan dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi pemilih sekaligus memperkenalkan tentang kepemiluan serta hak-hak pemilih dan tata cara pelaksanaan pemilihan.

Melalui media leaflet dan gambar yang digunakan sebagai alat peraga, petugas dari KPU mengajak seluruh masyarakat di lingkungan pasar yang telah memiliki hak pilih untuk datang ke TPS pada saat hari H pencoblosan nanti.

"Kami sengaja mendatangi pasar agar para pedagang paham bagaimana cara memilih yang benar pada tanggal 17 April 2019 nanti. Selain itu, ini juga bagian dari upaya agar nantinya tidak ditemukan surat suara yang tidak sah, yang disebabkan kesalahan saat mencoblos," papar Suci.

Dengan sosialisasi diharapkan tingkat partisipasi masyarakat khususnya pada pedagang tradisional pada pemilu tahun depan bisa meningkat dibanding pada Pemilu sebelumnya. Asih salah satu pedagang yang dituakan di Pasar Ir Soekarno mengaku sebelumnya, ia dan beberapa teman - teman sesama pedagang masih binggung seperti apa pemilu serentak itu.

"Ini juga ada yang belum tahu kalau tahun 2019 mendatang juga akan berlangsung pilihan anggota legislatif. Apalagi nama caleg - calegnya. Tahunya cuma pemilhan presiden, itu saja,"sebut pedagang rempah - rempah ini.

Dengan adanya sosialisasi, Asih pun paham dan mengaku senang karena selain mendapat informasi, dia juga menjadi tahu seperti apa nanti tata cara pemilu akan berlangsung.

Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Bagya Komang

Share this Article :

Video Presiden Jokowi Bersama Keluarga Masuk ke Dalam Ka'bah Saat Ibadah Umroh

Berita Terbaru

Read More