Rekomendasi

Wali Kota Kediri: W Bukan Diimunisasi MR Rubella, Melainkan ORI Difteri

Jumat, 09 November 2018 : 14.51
KOTA KEDIRI – Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar angkat bicara usai dugaan lumpuhnya anak berinisal W pasca menjalani imunisasi di tempat pendidikan Pondok Pesantren (Ponpes) Lirboyo, Kota Kediri, Selasa 6 November 2018.

Menurut Abdullah, imunisasi yang dilakukan Dinkes Kota Kediri di Ponpes Kediri 6 November 2018 lalu bukan imunisasi MR Rubella, melainkan ORI Difteri.

“Saya ingin mengonfirmasi bahwa imunisasi yang dilaksanakan di Kota Kediri adalah ORI Difteri bukan Rubella seperti yang diberitakan. Imunisasi rubella sudah dilaksanakan tahun 2017 lalu,” terang Abdullah Abu Bakar kepada awak media, Jum’at siang (9/11/2018).

Pihaknya juga menyatakan imunisasi ORI difteri juga menjadi bagian dari program penting pemerintah untuk mencegah penyakit difteri yang sangat menular, berbahaya, dan bisa mengakibatkan kematian.

Dirinya menduga bahwa W ini sudah terjangkit Guillain-Barre Syndrome (GBS) alias penyakit yang menyerang susunan sistem saraf tepi.

“Penyakit GBS ini bukan diakibatkan oleh imunisasi tapi kelumpuhan yang dialami W ini kebetulan terjadi setelah imunisasi,” jelasnya. (Baca Juga: Bapak Ini Nekat Berjalan Kaki Tulung Agung Kediri Pasca Anaknya Lumpuh Usai Imunisasi)

Namun Pemkot Kediri memastikan akan berkordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur untuk biaya perawatan dan pengobatan W selama berada di RSUD Syaiful Anwar, Malang. “Biaya kita gratiskan dan mendapatkan biaya hidup selama dirawat di Malang,” pungkasnya.

Sebelumnya, W asal Desa Sumberrejo Kulon, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung, sempat mengalami lumpuh lantaran disinyalir usai dilakukan imunisasi MR Rubella di Ponpes Lirboyo Kota Kediri.

Alhasil sang ayah, Suyanto sempat protes dengan melakukan aksi tunggal jalan kaki dari rumahnya di Kabupaten Tulungagung menuju Kota Kediri.

Penulis: Miadaada

Editor: Gunadi

Bagikan :

Video Viral

Loading...

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Read More

Our Partners